Berkunjung ke Schwarzwald, Menikmati Alemannenhof

(Kami di atas danau Titisee yang membeku)

Tulisan ini berisi sekilas tentang penginapan kami selama berkunjung ke Schwarzwald (area hutan Black Forest) pertengahan Februari 2017 lalu. Saya tidak dibayar untuk mereview tempat ini, hanya, saya merasa sangat beruntung karena tempatnya cukup bagus dan murah, siapa tau ada yang berminat sekalian saya berbagi pengalaman. (Ceritanya, kalau kita mendapat kebaikan, jangan lupa dibagi walau sekedar lewat tulisan, itu tugas nya blogger. Haha.)

Oh ya, di sini kita bisa melihat keindahan hutan Black Forest tertutup salju. Area asal kue black forest itu memang cantik. Hutannya yang lebat, itulah yang mengasal-usulkan sebutan black atau schwarz tersebut. Area Black Forest dikelilingi desa-desanya yang cantik, dan, yang pasti di sana lah gunung tertinggi Jerman terletak di luar dari Alpen, jadi cocok bermain ski.

Iya, ceritanya kita ke sana liburan seminggu, liburan musim dingin. Niatnya, sekaligus saya kembali mengambil kelas ski biar nggak lupa apa yang sudah dipelajari tahun sebelumnya di Austria. Kesampean juga semuanya. Walau, kelas ski Austria lebih oke menurut saya, tapi untuk pemula, area Schwarzwald masih cukup.

(Bang Steph. Kita puas-puasin bermain ski diantara hutan Black Forest, kita ambil tempat yang tidak digunakan untuk kursus biar lebih lega)

Kembali tentang penginapan, kami menginap di Alemannenhof. Mereka menyewakan hotel (bintang empat) dan apartemen. Kami memutuskan menyewa apartemen nya agar lebih leluasa. Ada kamar, ada dapur, ada ruang nonton/keluarga dan juga ada balkon. Satu apartemen cocok buat satu keluarga dengan dua anak. Karena sofa di ruang tamu nya bisa buat tempat tidur dua anak. Dari yang kami lihat (saat sarapan), memang yang nginap di apartemen nya rata-rata dengan anak.

(Hotel Alemannenhof dengan background danau Titisee)

Dapur memang tidak kami pakai karena kami mengambil paket sarapan dan makan malam dari hotel Alemannenhof. Itu lebih praktis karena main ski perlu tenaga, dan sudah harus siap sebelum pukul 08:00 di pagi hari. Sementara malam, udah keburu capek dari bermain ski. Memang nggak ada waktu, jadi urusan makan kita serahkan sama hotel. Sementara makan siang kami makan di tempat ski. Gitu saja.

(Kamar mandi)

(Ruangannya cukup lega, di sebelah kanan ada sofa yang bisa buat tempat tidur dua orang. Sementara di sebelah kiri adalah ruang tidur utama.)

(Punya balkon kecil dengan view danau Titisee)

Untuk makan malam bertempat di ruang makan hotel. Jadi kita harus turun dari apartemen. Yang kita tidak sangka-sangka adalah, menu makan malamnya yang selalu berkelas. Terkadang 4 sampai 5 tahap dari mulai makanan pembuka sampai penutup. Oh ya, saya nggak pernah ambil foto karena selalu dikasi remang-remang dan juga selalu penuh. Tempat duduk selalu ditentukan sama mereka.

Iya. Yang pasti kami sangat menikmati perjalanan kali ini, pelayanannya sangat memuaskan. Karena itu Bang Steph bilang, sebenarnya kita dibayar ini. Harga penginapannya udah termasuk makan malamnya yang high class itu tidak jadi berlipat, terus dapat buffet buat sarapan, belum lagi dapat ski pass buat kita berdua tiap hari selama menginap. Ski pass sendiri berharga 30 Euro/orang/hari. Dan, sebenarnya kita juga dapat fasilitas mengunjungi kota Freiburg dengan kereta gratis. Kita nggak pergi karena nggak ada waktu. Nah, bisa dibayangkan kan…

(Setelah pintu utama, kita bisa baca menu dan tips bepergian hari itu)

(Kalau mau santai-santai sambil menunggu makan malam atau sesudah olahraga di sini)

(Apartemen yang disewakan sekaligus di sini tempat sarapan)

Selama di sana, bangun pagi siap-siap untuk ke Felberg, ski area, sekitar 15 menit naik mobil dari tempat nginap. Kita di area ski bisa sampai pukul 16:00 sore tergantung cuaca. Aku sendiri ambil kursus 4 jam sehari, selebihnya kita main ski bareng.

Pulang ke penginapan, biasanya kita ngopi atau ngeteh dulu. Di penginapan disediaan kopi dan teh di dapurnya. Saat bersantai ini, biasanya aku yoga sebentar sementara Bang Steph nonton. Sekitar pukul 17:00 kita turun ke hotel, kita berenang dulu sebelum makan malam. Sebenarnya, di sana juga ada sauna tapi kita lagi puasa sauna, jadi renang saja. Selesai renang, waktunya naik buat makan malam. Biasanya makan malam bisa sampai dua jam. Ya, gitu saja.

(Ruangan yang lega buat yoga atau pilates. Dan waktu kunjungan kami, balkonnya masih ada lampu Natalnya :))

(Kolam renang yang hangat, sangat cocok setelah bermain ski. Selain itu mereka selalu sedia infused water untuk menambah kesegaran dan kebugaran.)

(Tempat sarapan ada di lantai dasar apartemen sebelah)

Yang paling saya senang dari hotel ini, saat sarapan, di meja sudah tersedia kertas yang di print seperti foto di atas. Di sana kita bisa membaca tentang informasi terkini tentang cuaca serta tempat yang bisa dikunjungi di sekitar Titisee.

(Satu-satunya foto kita bareng waktu makan malam, itupun pake samsung jadulku)

Oh ya, mereka juga bersihin apartemen kita tiap hari. Handuk semua diganti, saset teh dan kopi ditambahin lagi. Dan yang tidak kalah penting bermain ski, jangan lupa bawa balsem… haha… sepatu ski sangat menyiksa, dengan olesin balsem setelah main ski, sangat membantu untuk persiapan besoknya. Bang Steph yang awalnya nggak ngerti, ketagihan juga (wah, iklannya double ini). See?

Walau jarak dari Berlin ke sini jauhnya nggak ketulungan (kami naik mobil), tapi, kami masih memasukkan di list buat hiking nantinya. Lagi mbayangin mengunjungi area ini di saat hijau…

Siapa yang mau ikut?

Advertisements

3 Comments Add yours

1. Mas Yunus says:

Memory indah di atas danau beku, black forest…
    dari sini hanya bisa bayangin, hehe :). Salam

2. Arman says:

pemandangannya bagus banget ya….