Apa yang Salah dengan Ikan Asin?

IMG_5657.JPG

Foto: Cerita Ikan Asin
Berlin, 2017
.

Pernah goreng ikan asin setelah di Jerman atau selain Indonesia? Apa reaksi tetanggamu yang bukan orang Indonesia atau Asia?

.

November kemarin kakak bawa ikan asin dari Jakarta. Baru hari ini saya goreng, karena, memang agak ribet urusan nya kalau goreng ikan asin di sini. Pernah saya goreng terasi saat tinggal di asrama dulu, tetangga saya sampe kek mabok laut sebulan. Haha. Tiap hari, dia buka jendela dapur lebar-lebar ke segala penjuru. Sedikit ada perasaan bersalah waktu itu, sekaligus jadi pembelajaran untuk tidak ngulangin.
.
Ceritanya, hari ini, karena pengen makan yang berbeda, jadi saya goreng lah si ikan asin. Saya beraniin goreng dengan banyak perhitungan, salah satunya, karena saya tidak sharing apartement dengan siapapun seperti waktu di asrama, semoga tidak mengganggu, begitu pemikirannya. Ternyata, saat saya ke luar, mau siram tanaman, koq ada wanginya ikan asin saya membahana, satu lantai ke atas dan satu lantai ke bawah. Selama musim dingin ini, kami naro sebagian tanaman di perputaran tangga, begitu ceritanya.
.
Sudah 6 jam berlalu masih tetap saja setrong wanginya, lah saya sih senang ciumnya, yang sebelah udah gerah… haha. Sekarang, saya tinggal mikir gimana caranya ngilangin bau gorengan ikan asin yang masih tertinggal ini. Saya akhirnya memutuskan menyemprotkan minyak wangi. Duh. Rupanya makin kacau dan nggak karuan perpaduan baunya. Semoga nggak ada yang komplen. Haha.
.
Oh ya, entah kenapa mereka ini nggak suka cium bau ikan asin. Padahal mereka juga punya keju yang bau nya nggak tertahankan, menurut saya ya… hm. ya, udah lah. Sekali-sekali ini juga lah saya punya ikan asin, cuma ada empat ekor, ini sudah tumbang dua. Haha. Dua lagi aja nya ini… tunggu saya goreng kapan-kapan… haha… siap-siap membahana lagi wanginya…

Tanggapan teman-teman fb saya ada di sini.

Advertisements

15 Comments Add yours

  1. shiq4 says:

    Wah saya orang indonesia juga gak suka bau ikan asin lho mbak. Klo bau keju masih fine karena saya suka. Mungkin faktor suka nggak suka aja sama makanan. Klo udah suka bau kayak gimana juga terasa sedap hs ha ha……

    1. Oh gitu ya Mas? Hihihi… baru tau. Tapi kaya nya memang karena adanya unsur suka atau enggak saja ya…hahaha

  2. imavandam says:

    Untung aku tinggal di woodland 😇 jauuuh dari tetangga krn lahan hampir 1 hektar milik suamiku aja jadi aman goreng2 yg begituan 😅 tp rumah ya bau walau gak ada yg komplin 😅 biasanya aku spray dg pengharum ruangan merknya jonhson nama botolnya oust dan spray ini bagus banget krn wangi aotdoor dan memiliki bahan apa gtu yg mengikan bau bau tak enak dlm rumah 😉 30 menit setelah di spray bau terasi dan ikan asin benar2 hilang loh mbak den… coba deh nyari spayer yg kyk gini 😉 jd ntar klo masak2 aroma terasi n ikan asin tuh cpt bngt ilang baunya.

    1. Asyik banget Mbak, apalagi baru pulang dari Indo pasti banyak bahan-bahan yang siap dieksekusi di dapur. Terimakasih untuk tipsnya Mbak, nanti saya coba cari tau di toko. Ini Bang Steph, cium makanan biasa dari dapur saja udah kek orang hamil, cuma goreng bawang dan jamur (yang menurutku wangi) saja kedua pintu dapur sudah harus buka lebar-lebar, eksospen padahal nyala juga. Jadi, kebayanglah gimana kalau yang kaya gini saya goreng, udah gerah dia nya… hahaha…

      1. imavandam says:

        Aku dari indo gak bawa apa2 mbak Den 😅 krn kita travel light cuma hand lugage 8kg aja 😆 tp ikan asin di sini bisa di beli di london. Bumbu2 indo di toko asia jg banyak jd gak perlu usung2 dari indo 😇

      2. Asyik ya Mbak… saya masih suka bawa yang saya favoritin dari Indo, seperti ikan asin ini… ikan teri juga… belum nemu saya di toko Asia yang di Berlin 😦

      3. imavandam says:

        China town di london lengkap mbak Den jadi asyik lah kalau kangen barang / makanan indonesia cukup ke london aja 😍

  3. denaldd says:

    Awal2 aku di Belanda, goreng terasi baunya sampai ke lorong hahaha. Trus beberapa hari lalu, aku goreng terasi, rebon, dan ikan teri asin plus ikan peda, baunya kayaknya menyebar satu RT 😆😆 soalnya dua tetanggaku bilang pas ketemu aku “deny, pasti habis masak enak ya. Aroma makanannya enak banget” duh jadi ga enak hati soalnya ga kasih hantaran hahaha. Aku biasanya pas goreng2 yg beraroma tajam gitu semua jendela dan pintu kubuka, bagi2 aroma ke tetangga dan biar rumah minim bau. Trus kalau sudah selesai, aku biasanya rebus air diisi sereh, star anise, cengkeh, kayu manis. Aromanya bisa bikin ilang bau ikan asin dirumah. Nah nanti air rebusannya bisa diminum buat kesehatan. Lumayan kan dua tujuan tercapai. Kalau nggak, ngerebus kopi juga bisa. Kalau aku males ngerebus2, aku pasang lilin yg beraroma. Aku selalu pasang lilin yg beraroma vanilla. Ntar kalo tetanggamu protes, kasih aja ikan asinnya, makan bareng2. Biar mereka tau dahsyat enaknya ikan asin 😅

    1. Asli aku ngakak abis bacanya… pengalaman seperti ini memang seru banget ya Den. Kebayang wangi ikan asin ku Jumat kemarin nyebar satu RT juga…. koq ya, aku bolak balik nge check lift sampai turun bawah (4 lantai), baunya masih aja di situ…putus asa diriku. Untung nggak ada yang datang bilang aromanya enak… mau kubagi pula, cuma dua ekor kicik kek gitu kan Den… hahaha…kalo beneran mereka suka, aku tanggungjawab nya gimana lagi… haha

      Makasih Den untuk tipsnya, ini gunanya berbagi juga kurasakan. Jadi dapat tips kece dari teman-teman yang nggak pernah tau dan kepikir sama sekali. Sereh, star anise, cengkeh, kayu manis aku ada. Ntar buat goreng yang dua lagi, selamat, mau praktek langsung.

      Wah, sama kita demen lilin aroma vanila. Saya juga suka sama aroma lavender dan melati, tapi belum ketemu yang lilinnya.

  4. Aku pernah diceritain teman di Jerman sini, org Indo goreng ikan asin di laporin polisi sama tetangganya krn kata tetangga tsb dia cium bau mayat hahaha. Coba rebus kopi di panci deh Den saat goreng ikan asin supaya ga bau ikan banget.

    1. Hahaha… ancorrrr…. ya ampun, ngeri banget itu Nel…. perbandingannya mayat… makasih Nel untuk tipsnya ya, pantes kakak bawa ikan nya juga pake kopi di plastik luar nya… rupanya itu mengurangi bau ikan itu ya… #manggut-manggut

  5. kutubuku says:

    Aku udah lama banget nggak makan begitu2… haha jadi lupa. Dulu waktu tahun2 masih baru, sering bikin sambal terasi dst dst, sekarang udah jarang banget… untung juga soalnya aku tinggal di apartemen.

    Mungkin baking kue bs bikin bau lebih harum dengan bau kue?

  6. zilko says:

    Hahaha, nggak biasa sama baunya sih ya.

    Aku sudah lamaaa banget nggak makan ikan asin. Sekarang kalau makan serem sendiri sama garamnya, huahaha 😛 . Tapi enak kalau dimakan sama sayur bening!! 😀

  7. dendi riandi says:

    halo mbak Denina, mau nanya dong. klo bawa ikan asin ke jerman itu, apakah tidak bermasalah di bandaranya?
    krn saya ada rencana mau ke jerman, dan ada teman yg nitip minta dibawain ikan asin.

    tks

    1. Halo Mas Dendi, kemarin bisa itu Mas. Dibungkus berlapis plastik saja, diisolatip rapih. Maksudnya, satu lapis diisolatip, lalu plastik selanjutnya dikasi kopi biar baunya nggak kemana-mana. Semoga bisa ya mas. Salam hangat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s