Tradisi Gereja Merayakan Pergantian Tahun Baru di Berlin

IMG_1469.JPG

Kupola Berliner Dom di malam tahun baru

Selamat Tahun Baru 2017!

Selamat menikmati berkat Tuhan yang baru dan selamat mempersiapkan diri memulai tahun 2017. Semoga sehat, sukses dan bahagia selalu.

Pergantian tahun baru kemarin, Bang Steph dan saya tidak pergi melihat kembang api di Brandenburger Tör seperti tahun lalu. Kali ini, setelah ibadah di gereja Berliner Dom, kami makan malam bersama keluarga (kembali seperti malam Natal kemarin) lalu merayakan pergantian tahun baru sama-sama.

Selain malam Natal, tradisi merayakan pergantian malam tahun baru juga dilakukan oleh gereja-gereja. Seperti halnya gereja Berliner Dom atau Berlin Katedral, melakukan ibadah menyambut pergantian tahun.

Tidak seperti ibadah malam Natal, dimana setiap 2 jam diadakan ibadah dan antrian selalu panjang. Ibadah malam tahun baru ini hanya dua kali saja, yaitu pukul 17:00 dan pukul 23:15. Ibadah kedua sengaja dibuat mendekati pukul 24:00 sehingga jemaat yang memilih melakukan pergantian tahun di gereja bisa merayakannya di sana.

“Apa yang akan datang di tahun 2017 dan apa yang tinggal di tahun 2016?” menjadi tema ibadah malam tahun baru dari Berlin Katedral, yang dibawakan Pdt. DR. Zimmermann. Selain itu, ibadah tahun baru biasanya lebih panjang durasinya daripada malam Natal. Dimana, ibadah pengucapan syukur buat setahun yang dilewati akan ditutup dengan perjamuan kudus (jangan sampai ngantuk ya!)

IMG_3933.JPG

Kami berempat saja yang ibadah, emak-bapa sibuk siapin makanan (Haha…anak-anak nakal)

Berbeda dengan saat Natal, suasana jelang tahun baru, suasana di sekitar Berlin Katedral selalu ramai oleh wisatawan dan pengunjung museum Insel (yang bersisian dengan Berlin Katedral).

IMG_5570.JPG

Berliner Dom

Gambaran suasana pergantian tahun di gereja Protestan terbesar di Berlin, Berliner Dom, dan sekitarnya bisa dilihat dalam video singkat di bawah ini. Maap kualitas seadanya, hanya diambil dengan video handphone.

Advertisements

4 Comments Add yours

  1. inlycampbell says:

    Happy new year, Nina dan bang Steph. Semoga tahun 2017 makin membawa berkah buat kamu dan keluarga yaa.. 🙂

  2. winnymarlina says:

    selamat tahun baru kak, itu Berliner Dom boleh dimasuki wisatawan kah kak?

  3. Ohh sama kyk batak lah iya acaranya. Btw greja tahun baru mendekati jam 00 gak ngantuk ya?. Hahahah. Selamat tahun baru ya nyonya 🙂

  4. riatumimomor says:

    Selamat Natal dan semoga tahun baru membawa lebih banyak berkah dan suka cita bagi kita semua ya… Hahahha, itu anak2nya bukannya bantuin di rumah malah kabur ke gereja :))))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s