[Cerita DIY] Kombinasi Tema Abu-abu untuk Pesta Pernikahan

Peach-and-Gold-Wedding-Color-Palette.jpg

Berapa lama merencanakan sebuah pesta pernikahan? Tidak ada patokan. Yang penting bisa diatur dan dikerjakan kedua belah pihak seperti yang sudah disetujui. Toh perayaan moment bahagia sekali seumur hidup seperti ini semestinya dikerjakan dengan senang hati. Bagi mereka yang tidak punya cukup waktu merencanakan sendiri, kabar baiknya, sekarang bisa menyewa jasa EO (event organizer).

Di Jerman, secara umum, persiapan pesta pernikahan dilakukan setidaknya satu tahun sebelumnya. Terlebih lagi di Indonesia mungkin bisa lebih lama, mengingat perayaan seperti ini melalui tahapan cukup banyak karena rata-rata dirayakan dengan pesta adat juga.

Dalam tulisan ini saya mencoba mengambil beberapa poin yang saya rasa penting dilakukan di tahap awal perencanaan seperti:

1. Rencanakan Biaya

Tetapkan budget pesta/perayaan termasuk berapa persen dari total budget untuk resepsi, biaya gedung, beli perhiasan dan cincin kawin, biaya pakaian pengantin, biaya baju bridesmaid kalau ada, biaya undangan, biaya penginapan buat tamu yang menginap, biaya bunga dan salon serta dekorasi, biaya band/musik, biaya MC, photografer, semua di buat dalam list.

2. Pilih Lokasi dan Konsep Pesta

Dengan mengetahui apakah konsep pesta yang diinginkan adalah pesta taman, di gedung atau di pantai, siang hari atau malam hari, ini juga akan menyesuaikan dengan pakaian pengantin, dekorasi dan tema pesta. Demikian juga tentang pemilihan lokasi, jika memilih di gedung, mungkin tema warna disesuaikan dengan warna dinding atau gorden yang tersedia. Jika di pantai disesuaikan dengan warna pasir, pantai, pohon-pohon, langit dan sekeliling. Jika di taman, tema disesuaikan dengan warna daun-daun: musim gugur, semi atau musim panas.

3. Pilih Tema Warna Pesta

Karena pilihan tema warna pesta mempengaruhi kemeriahan perayaan, sebaiknya pilihan tema warna ini dipertimbangkan baik-baik sebelum mengerjakan bagian yang lain. Warna tema ini nantinya juga menyangkut pilihan warna baju pengantin, dekorasi termasuk undangan juga. Kan tidak seru kalau udah bayar buat ini itu, tapi warna nya terlihat berantakan.

Ada banyak panduan memilih warna tema pesta pernikahan. Dimana dua warna yang selaras dipilih, selain warna putih/ivory sebagai warna dasar tentunya. Dan yang pasti, sebaiknya kita memasukkan warna favorit kedua belah pihak dalam tema atau pesan khusus yang ingin diusung dalam perayaan, toh untuk melengkapi kebahagiaan dalam pesta yang direncanakan juga kan yah. Hitung-hitung biar kenangannya lebih mengena lagi dan akan indah dikenang sepanjang masa. Oke.

Selain itu, dengan memperbanyak baca-baca online juga nanti akan memberikan kita ide dan referensi. Yang penting, kita tetap menetapkan tema utama.  biasanya dengan memilih tema warna yang hangat mengggambarkan kegembiraan. Warna-warna hangat mewakili, merah, orange, kuning atau warna lime/sand dan warna ini bisa dikombinasikan dengan warna merah muda dan ungu dengan baik. Sementara warna yang kalem dan berwibawa, yang juga cocok dengan pesta di malam hari, di pantai adalah seperti warna biru, ungu, abu-abu atau silver, hijau dan lain sebagainya.

***

Karena kami senang warna abu-abu (silver) dan keemasan, maka, pertimbangan saya mencari tema warna pesta adalah dengan memasukkan warna abu-abu dan keemasan didalamnya. Dan kombinasi warna yang masuk dalam list saya adalah seperti di bawah ini:

1. Gradasi abu-abu + gradasi merah muda

d0124e702388dfae54d92a144c4afd82.jpg

2. Abu-abu, keemasan + kuning/orange

53784655b18f64f821c835cc65020081

3. Tema abu-abu digabung dengan tiga warna (orange+putih/ivory) 

c26680986d4641d32b49f2a22c28dcaa

4. Gradasi abu-abu dan kuning

1b8a79731ebe429f3e419fccf33c6062.jpg

5. Abu-abu (silver), Biru dan Kuning

972314ff1c47384cabb0c5b656d9f20f

6. Kombinasi abu-abu dan merah marun

abb387dad3fdc6441eb7d47d4d3c532e.jpg

7. Didominasi keemasan, lime/sand dan hijau tapi nggak ada abu-abunya

 2978b49958353896ea3f0d421afb6ce5.jpg

Yang terakhir ini terlihat memang sangat elegan ya, cantik banget. Belum lagi hijau lumut itu adalah warna favorit saya juga, jadi gimana gitu. Akhirnya, saya masukin dalam file dan sempat belanja pernak pernik tema ini juga. Haha. Perempuan. Dan karena hal-hal seperti ini juga yang membuat beberapa kali rencana penetapan tema warna sempat berubah. Gitu saja.

Yang pasti, ada baiknya membuat list yang perlu dikerjakan kalau kebetulan melakukan sendiri alias DIY. Dan kami sendiri membuatkan account di wedding website saat itu untuk lebih mudah mengkoordinasikan poin-poin penting yang perlu dipersiapkan.

***

Tulisan ini saya posting sebagai pengingat kalau saya pernah menghabiskan waktu mengurusi hal-hal seperti ini, mencari kombinasi warna untuk tema perayaan sembari facebookan. Semua foto-foto tersebut saya dapat dari Pinterest. Memilih warna tema seperti ini berasa mendesain ruangan dengan bermain warna-warna. Menyenangkan, tentu saja, namun sangking menyenangkannya, ya itu, sempat beberapa kali berubah juga.

Tema warna yang mana yang kamu suka?

Advertisements

21 Comments Add yours

  1. riatumimomor says:

    saya mainstream utk urusan yg satu ini… hahahah, warna yg lagi trend skrg rose gold…Jadi kayaknya yang warna keemasan yg terakhir itu yg menarik…. *no grey color though :)*

    1. haha… iya mbak, saya senang yang terakhir itu juga, dipaduin merah marun dan grey (silver), udah Natal banget ntar jadinya kan… cantiks.

  2. pilihan abu-abu dan merah marun kalau dibayangan aku kontras dan nga nyambung dech kak. Tapi pas lihat gambarnya koq jadi cakep gitu yach.

    1. Ternyata jadi cakep gitu ya say…. hihihi… iya, sempat bingung dibuat opsi opsi semacam ini

  3. winnymarlina says:

    aku suka yg hitam kak hahah kayak nikahan avril

    1. wah, benar-benar berbeda kalo gitu say

  4. zilko says:

    Kalau aku, yang kurang aku suka (haha) adalah yang abu-abu dan peach (entah mengapa rasanya kurang “hidup” gitu) dan yang abu-abu, biru, dan kuning, haha 😆

    1. Awalnya saya kepikir nyambungin ke peach biar ada romantic nya gitu mas, terus, tema dari musim agak ke musim panas gitu. Tapi setelah membandingkan dengan kombinasi warna yang lain, favorit saya justru yang paling terakhir dan sama yang kuning. hahaha

  5. Arman says:

    yang terakhir bagus tuh… 🙂

    pas bikin dekorasi ulang tahun emma taun lalu kita pake silver dan coral kayak perpaduan warna yang pertama di atas. emang cocok tuh silver dan coral.

    selamat mempersiapkan wedding ya! 🙂

    1. Ditambah silver atau merah marun masih cocok yang terakhir itu ya….
      Emma si cantik, cocok dibuatkan tema pesta yang manis mas… Makasih Mas untuk masukannya…

  6. inlycampbell says:

    Everyone should have their own theme color, selama masih cocok2 aja padanannya sih ok2 aja. Warna2 diatas menurut aku kalau diaplikasikan dengan bener, bagus2 aja. Barusan ada klien nentuin theme color merah dan silver buat wedding adat padang. Oiya, thn 2016, lagi ngetrend warna biru di Jakarta as a wedding theme..

    1. Makasih say, kadang saya terbawa permainan warna dari desain interior ke urusan ini…
      Ujungnya bukan malah kasi solusi, tapi jadi sering ganti karena kombinasi warna itu suka tawar menawar selera.

      Merah dan silver, menarik say, ada yang kontrasnya dan netralnya juga ada.
      Iya ya, cakep bayangin yang pake warna biru itu juga say, cuma di sini cuacanya ya gitu, kalo panas kan enak lihat warna biru biar adem gitu… huhuhu…

      makasih masukannya say, yang kerja dibidangnya senang dapat masukannya.

      1. inlycampbell says:

        You are most welcome… semangattt…

  7. ci, begitu liat posting ini kok liat nomer 2,3, and 7 langsung kayak ngena ke cici sama si kokoh steph ya. 😉 cocok banget gitu 🙂

    1. Dek, makasih… saking koq kelihatan cakep-cakep, udah beberapa kali ganti Dek…
      Kita pengen buatin acara sederhana aja dek, prof ku tahun kemarin pesta cuma undangan 50 orang (jadi standar banget buatku)

  8. prih says:

    Kombinasi pertama abu-abu dengan merah muda kalem elegan, yang abu-abu maroon hangat kontrasnya ya. Izin menyimak postingan-postingannya ya mbak Kei. Salam kenal

    1. Nah, tadinya mau pilih itu kalo perayaannya musim panas mbak…
      Terimakasih Mbak untuk mampirnya ya… salam kenal juga ya.

  9. Eh busyet sampai 1 tahun juga di jerman, gw pikir serba simple dan ngak ribet jadi ngak ampe tahunan

    1. Mas Cumi masih komentar waktu persiapan perayaan saya kemarin 😦
      Semoga sudah tenang di sana ya Mas…

  10. folder trips says:

    Kombinasi abu-abu dan merah marun itu kece banget dan saya sangat menyukainya,,

    1. Akhirnya tema kami itu Mbak, biar masuk ke suasana musim gugurnya. Tapi abu-abu dan marunnya buat kontras nya bagus ya Mbak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s