Catatan EUEFA: Turut Berduka Untuk Perancis

IMG_0286a1

(Menara Eiffel 2016)

Pagi ini saya membuka berita internasional, kaget membaca “Nice terror attack” dengan modus pengendara truk yang membabi-buta menabrak orang-orang yang ikut dalam parade perayaan “Bastille Day” di Nice, Prancis. Pengendara truk itu sengaja mengendarai dengan posisi zig zag sehingga bisa mengenai lebih banyak orang. Sementara dicatat tewas 84 orang, termasuk 10 anak-anak didalamnya. Terkait dengan kejadian ini Jerman menyatakan dukungannya dengan Perancis melawan teroris.

“Turut berdukacita!”

Sedikit catatan dari EUEFA League kemarin yang kebetulan Perancis sebagai host, sekaligus menjadi pusat perhatian dunia terutama buat para penggemar bola. Iya, saya sempat ikutan nonton bola ke Perancis, si abang beli 3 pasang tiket: pertandingan Jerman vs Polandia, pertandingan Iceland vs Austria (perusahaan si abang Austria) dan pertandingan Jerman vs Italia.

Saat memasuki kota Paris, rasa senangnya memang tetap saja sama. Ibarat ketemu kawan lama, siapapun pasti senang. Begitu juga saya, senang bisa menginjakkan kaki kembali di kota itu. Namun, Pasca serangkaian teror bom di Perancis yang merembet ke beberapa negara Eropa lainnya, terlihat dengan jelas perbedaan kota-kota di Perancis saat EUEFA kemarin. Terutama menuju Eiffel, banyak area yang ditutup seperti gambar di bawah ini dan polisi tersebar dimana-mana. Pengamanan EUEFA terlihat cukup ketat.

IMG_1218

(salah satu blok yang ditutup menuju Eiffel)

Sementara Eiffel sendiri, terlihat memang tidak seperti dulu. Dimana kita bisa tinggal jalan dan menikmati pemandangan sekeliling kaki-kaki Eiffel yang kokoh itu tanpa pemeriksaan. Kalau mau naik ke atas, baru diperiksa. Dan salah satu kegemaran saya adalah duduk-duduk dan menikmati warna matahari sore bertabrakan dengan besi-besi Eiffel tersebut. Sekarang, mereka membangun portal pemeriksaan pertama di bagian sisi jalan sebelum memasuki pelataran halaman Eiffel. Cairan apapun tidak diijinkan dibawa masuk. Yang ada, jalanan di dekat Eiffel memang jadi umpel-umpelan nggak jelas.

IMG_0303.JPG

(suasana dekat pintu gerbang pemeriksaan Eiffel)

IMG_1362.JPG

(Kaki Eiffel di suatu sore)

IMG_1340

(Warna-warna matahari sore yang jatuh di kaki-kaki Eiffel, juga, bola yang digantung di Eiffel saat EUFA kemarin)

Tidak hanya di Eiffel, beberapa stasiun dan pertokoan yang kami kunjungi juga melakukan pemeriksaan yang cukup ketat. Semua tas harus dibuka, disamping detector juga digunakan sebelumnya.

IMG_1213

(salah satu pusat perbelanjaan yang sempat saya foto dan pemeriksaannya cukup ketat)

IMG_1249.JPG

(Fanmeile EUFA 2016 di dekat eiffel tower, diambil dari level satu Eiffel tower)

IMG_0372.JPG

(Polisi dengan senjata laras panjang (seperti di kanan foto ini), bisa dijumpai di area wisata)

Ketika Perancis fokus dengan pengawasan EUFA 2016 dan berhasil menggagalkan usaha-usaha teror sebelum pertandingan tersebut, sedihnya, justru setelah sukses menjadi tuan rumah, mereka kecolongan dengan modus yang tidak diduga itu. Semoga Tuhan menguatkan keluarga yang berduka, dan, yang terpenting semua kita harus tetap waspada terhadap gerakan orang-orang di sekeliling kita. Dua kali teror bom di Berlin digagalkan oleh orang yang kebetulan di dekat orang yang meninggalkan bom dikeramaian. Gerak gerik mencurigakan, patut diwaspadai.

Noted: Semua foto koleksi pribadi

Advertisements

8 Comments Add yours

  1. azlansyah100 says:

    Boleh dong mba diceritain cara beli tiket bolanya hehe

    1. Iya mas, nanti saya ceritakan ditulisan ya…
      yang pasti, nggak separah cari tiket bayern munchen mas… yang sampe saat ini saya juga beli dapat kesempatan nonton bayern munchen tanding live… hehehe

  2. wasaparisian says:

    Terima kasih sudah menggambarkan suasana disana sekarang, mbak. Miris…dulu paling suka nongkrong di bawah kaki madame Eiffel ini…bebas banget. Semua berubah sejak kasus2 teror itu..

    1. Betul Mbak, Paris selalu sama di hati ya, ngangenin. Dan itu yang membuat sedih banget rasanya…
      Paris, kota yang pengen kita nikmati banget kalo udah nginjak ke sana, jadi terbatas…
      semoga semuanya damai…

  3. jonathanbayu says:

    Perancis dan negara2 Eropa lagi diserang terus ya sama teroris, serem, semoga aja cepat mereda dan polisi bisa menangkap pelaku2nya.

    1. Amin. Terimakasih Mas, semoga semuanya dilindungi… sedih banget dengan perkembangan berita-berita terakhir ini…

  4. winnymarlina says:

    semoga cepat kondusif ya kak, zaman ini entah zaman apa teror banyak banget

    1. Amin, semoga semuanya damai say… jadi serba salah dan nggak nyaman rasanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s