Euforia EUFA di Paris, Jerman vs Polandia

(wajah kelelahan kita di Saint-Danis stadium saat menonton pertandingan Jerman-Polandia)

(kita dan wajah-wajah kelelahan di stadion saint-Danis)

Walau capeknya masih belum hilang setelah lima hari mengencangkan otot kaki selama liburan di Paris, tapi masih mau banget koq kalau dibilang diperpanjang liburannya. Haha. Paris gitu ya… seminggu nggak ada apa-apanya buat ngejelajah lagi. Kadang memang kesal dengan sambungan metro yang harus jalan jauh dan membuat kaki terasa seperti patah-patah. Tapi jujur, hati ini masih saja betah. Haha.

Sebenarnya lagi, sudah beberapa kali menjejakkan kaki di Paris, namun tetap saja kota ini memberi daya tarik yang sama menarik untuk kembali ditelusuri. Setidaknya, begitu yang saya rasakan. Namun perihal menonton UEFA, ini baru kali kedua dapat kesempatan nonton live, salah satunya pernah nulis dan terpilih masuk versi cetak dalam Kompasiana frezz nya koran Kompas dulu.

Apa menariknya dari sepak bola?

Tidak banyak yang saya ketahui tentang dunia sepak bola. Tapi saya suka menobatkan diri sebagai penggemar sepak bola. Iya, sejauh ini senang saja mengikuti pertandingan seperti Liga Jerman, UEFA, Copa Amerika terlebih lagi Piala Dunia.

Ada fakta lain yang saya lihat dari permainan ini terkait kegigihan dan kemampuan bekerjasama pemain. Ini yang membuat saya mengagumi para sosok pekerja keras seperti Messi, Ronaldo, Beckham, Ibrahimovic, Müller dan lainnya. Tidak bisa dipungkiri kalau para pemain sepak bola profesional seperti mereka memiliki kedua hal ini dalam porsi besar. Ego harus dieliminasi ketika sudah menjadi bagian dari team. Kalau tidak, hasil yang dicapai bisa berbeda jauh.

Ini saya perhatikan ketika Messi bermain di timnas Argentina di Piala Dunia kemarin. Seorang Messi seolah tidak akan ada apa-apanya. Di sisi lain, ketika Messi menyentuh bola saja saat bermain di Barca, sudah cukup mengentarkan lawan. Itulah uniknya dunia sepak bola yang membuat saya senang mencari tau profil pemain dan gelar juara dibalik sebuah team, karena menurut saya proses perjalanan mereka sangat menginspirasi.

Jadi, ketertarikan saya tentang sepak bola bukan saja perihal hebatnya tendangan seorang pemain atau trik kerjasama saat menggiring bola ke gawang lawan. Dan oleh karena itu juga, saya tidak perlu mikir panjang ketika dapat tiket buat nonton timnas Jerman di hari Kamis kemarin. Kapan lagi coba? Biar seperti dayang-dayang hari itu karena dandanannya nggak jelas seperti foto di atas, abaikan saja. Karena saya memang fans timnas Jerman, jadi saya tidak merasa keberatan menggunakan seperangkat pernak-pernik tersebut. Beruntung dapat tiket kategori satu dimana posisi lihat pertandingannya cukup bagus.

13487798_10209462100572079_1063637519_n

(kita lagi sebelum memasuki stadion)

Singkat cerita, adalah sebagai highlight dari perjalanan ke Paris untuk nonton bola di stadion Saint-Danis. Iya, kali ini kita ke Paris dalam rangka nonton UEFA selebihnya jalan-jalan saja. Walau pertandingan antara Jerman dan Polandia yang berakhir dengan score 0-0 dan merasa permainan mereka semestinya masih bisa lebih bagus. Saya tetap cukup puas karena mereka bisa menahan bola Polandia. Kalo si abang bilang, mereka koq kaya kebingungan nggak tau harus ngapain, idenya nggak ada… haha.

Eh, tapi, tunggu dulu bang, setidaknya mereka bisa menahan bola Polandia, toh?

Euforia menjelang pertandingan

Tidak dipungkiri bahwa ajang pertandingan olahraga sepak bola ini cukup bergengsi karena itu melahirkan fans yang bahkan sampai tahap fanatik pun banyak. Bisa sampai pukul-pukulan ketika team yang dibela kalah. Sebelum pertandingan Jerman-Polandia minggu kemarin, kami sempat jalan-jalan dulu seharian di Paris. Di sana, kita menjumpai fans Jerman dengan kostum Jerman dimana-mana, termasuk di cafe dan tempat-tempat wisata.

IMG_0383a.jpg

(nompang fotoan dengan bendera Jerman di depan Sacré-Cœur, Paris)

IMG_0493a.jpg

(saat mau pulang, ketemu lagi yang bawa bendera Jerman)

IMG_0501a.jpg

(saat beli es krim, lihat kelompok dengan bendera Jerman ini juga)

Tidak hanya saat kompetisi, dalam hal apapun, selama aktivitas tersebut melibatkan hati saat mengerjakannya, dukungan moril itu memang sangat diperlukan. Saya senang ngikutin berita liga Inggris yang sering saling menyerang (lewat kata-kata) sebelum pertandingan, di sana akan terlihat bagaimana sesi phisikologi pemain dan pelatih itu diuji. Demikian juga para fans nya ketika di lapangan. Yel-yelan para pendukung itu perlu, makanya sampai diberi tempat khusus buat bonek.

Agak gregetan juga kemarin soalnya, karena pendukung Jerman banyakan diam, sementara pendukung Polandia begitu bersemangat. Pendukung Jerman pada capek kali ya, baru datang dari Jerman. Macet panjang seharian sebelum pertandingan. Seperti teman kami, baru nyampe di stadion beberapa menit sebelum lagu kebangsaan Jerman dinyanyikan. Saya sempat rekam dan posting di sini.

13459749_10209428307687278_2099991019_n.jpg

(melihat dari atas saat janjian dengan teman-teman si abang)

13480222_10209428306727254_1663309346_n.jpg

(stadionnya benar-benar penuh)

Pertandingan selesai hampir pukul 22:00. Rencananya, kami akan menunggu agak sepi dulu baru melangkah ke luar stadion. Ternyata setelah ditunggu sekitar duapuluh menit nggak juga sepi. Akhirnya kita ke luar juga dan justru menemukan suasana yang chaos karena beberapa stasiun ditutup. Kita harus jalan kaki sangat jauh sampai ditemukan stasiun yang dibuka. Pengawasan yang ketat oleh polisi di setiap sudut kota dan stasiun-stasiun memang membuat perasaan agak tenang melangkah. Kaki saja yang gempor karena harus jalan kaki jauh.

Walau keluarga sempat kuatir masalah keamanan dan terkait teroris kemarin di Paris, dan, kami juga sempat berpikir membatalkan ke Paris. Akhirnya bisa bersyukur nonton di stadion dengan aman. Masalah koordinasi transportasi ini saja yang buat kaki serasa mau patah, selebihnya semua berjalan dengan baik. Malam itu, sekitar pukul 01:00 pagi kami baru tiba di apartemen tempat kami menginap selama di Paris.

Siapa menurutmu yang akan maju ke final? Si abang beli tiket untuk final, semoga Jerman masuk. Kalau enggak, saya nggak tertarik nonton. Haha. Oh ya, sore ini Jerman akan bertanding lagi. Dan saya hanya bisa berharap yang terbaik…

Advertisements

9 Comments Add yours

  1. adhyasahib says:

    wah seru nih ntn EUFA live, saya juga ikut-ikutan nonton sih dari tv bareng suami karena Romania juga masuk tapi sayang mereka dah kalah duluan sebelum berperang 😦 *penonton kecewa*

    1. yang penting mereka juga masuk.
      iya say, seru nonton langsung di sana walau serem nya juga ada karena kebanyakan orang… haha…
      nggak terasa sebentar lagi mau habis pertandingannya…

  2. Fee says:

    Kalau sudah soal bola disana pada seru bahkan yang ga suka keikut hahaha….iya soalnya ga perlu begadang ala lagu bang Oma..
    ah sacre coeur memang susah foto tanpa belakangnya bersih orang ya…

    1. betul mbak, demam piala eropa sama piala dunia itu merambat sama orang yang nggak demen bola juga…
      haha… itu betul banget mbak, sempat kepikir kudu ngintip jam berapa biar bersih difotonya tanpa orang…

  3. jonathanbayu says:

    Enak banget bisa nonton live Euro disanaa

    1. Lumayan mas… mumpung 🙂

  4. astiitah.as says:

    Waaaaah bendera jermannya bagus bangettt, teratur yaa mreka nnton bolaa haha ga kayak di sini pasti ada huru hara gejeee

  5. inlycampbell says:

    Seru banget sebenarnya nonton live acara sport, walopun kadnag biar kepala gak cape nengok kiri kanan, enak nonton di tv, tapi beda euphoria, hehe.. baru sore tadi aku sadar mukanya lionel messi kayak apa T___T selama ini cuma denger namanya aja.. #bukan fansbola

    1. hahaha…. jadi ketawa aku… Messi itu pemain bola favoritku… anaknya juga sampe ngikutin beritanya aku In… hahaha…
      iya say, seru kalo kita memang suka ya… dan kalo untuk nyenangin orang terkasih, seru jadi double…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s