Sternfahrt Berlin, Tetap Bergerak Menyuarakan Perubahan

adfc-sternfahrt-2016_buttonoben_o.schnittmarken-l

(Rute Sepeda Sternfahrt diambil dari sini)

Seiring peringatan hari lingkungan hidup yang ditetapkan UNESCO tanggal 5 Juni 2016 kemarin, di Berlin justru kembali mengadakan demonstrasi sepeda. Harapan yang ingin disampaikan grup pecinta sepeda, adfc Berlin, yang sudah berumur 40 tahun ini masih mengusung tema seputar perbaikan fasilitas jalur sepeda yang lebih baik di Berlin-Brandenburg, atau mereka menyingkatnya “Fahr Rad in Berlin!” (Fahr=mengendarai; Rad=sepeda).

Kegiatan ini dikenal sebagai demo sepeda terbesar di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Tahun lalu, diikuti oleh sekitar 120.000 peserta dengan total panjang rute yang ditempuh sekitar 1.000 km. Dalam catatan UNESCO bahwa ada sekitar 250.000 pengguna sepeda tergabung dalam program ini, mereka menginginkan diberi ruang yang lebih adil terkait penggunaan sepeda sebagai alat transportasi.

Dan sebagai catatan kecil saja, menurut saya sendiri, sejauh ini Berlin cukup ramah dengan pengguna sepeda, mungkin karena saya berangkat dari gambaran kondisi Jakarta 11 tahun lalu dimana pedestrian saja tidak menyeluruh ditemukan di kota tercinta. Lalu di sini saya mendapati, kalau di depan gedung kepresidenan (yang nggak pernah tau dimana pengawalnya itu), kawasan wisata utama, area sibuk atau area bisnis, semuanya bisa diakses dengan sepeda, walau memang diberi satu jalur saja umumnya.

Tapi dimana-mana orang yang tidak cepat merasa puas itulah yang cenderung terus berpikir aktif. Dalam refleksi positifnya; orang mengharapkan perubahan yang lebih baik dan diiringi oleh teknologi yang terus berinovasi. Demikian juga grup pengguna sepeda di kota metropolitan yang satu ini. Mereka terus memikirkan bagaimana cara mendapatkan ruang gerak yang lebih baik kepada pengguna sepeda dalam kaitannya terhadap transportasi yang ramah lingkungan. Misi yang diusung ini terus disuarakan beberapa tahun terakhir dalam bentuk demo sepeda damai di Berlin-Brandenburg.

Demikian juga kemarin, ketika kita dengar pengumuman tentang demo ini di radio saat sarapan dan akhirnya memutuskan untuk bergabung di Hermannplatz sekitar pukul 12:20. Tahun ini, demo bersepeda ini mengikuti konsep Sternfahrt (Stern=bintang; fahrt=mengendarai), dimana para peserta demo akan memulai dari beberapa titik di luar Berlin, dan kemudian, semua bergerak menuju pusat kota (satu titik). Kurang lebih seperti bintang kalau digambarkan, bisa juga dilihat lewat ilustrasi rute di atas. Adalah rute terpagi berangkat dari Frankfurt Oder pukul 06:45 dan tersiang berangkat dari Potsdam Rehbrücke pukul 11:15.

Apa yang menarik bergabung dalam demo sepeda ini?

Sebagai pecinta sepeda, kita merasa ikut menyuarakan agar perubahan yang lebih baik ini dipertimbangkan oleh pemerintah kota Berlin. Panitia mencoba mengumpulkan 50.000 tandatangan untuk bisa menindaklanjuti pengajuan program ini kepada pemerintah kota. Angka nya kecil kan, belum sampai 1.000.000 seperti program pengumpulan KTP untuk Ahok. Yang pasti, bukankah dalam rentetan panjang, ada banyak hal yang akan didapat dari program ini? Lingkungan lebih sehat. Manusia yang tinggal akan lebih sehat juga.

Aksi demo sepeda damai ini berjalan dengan baik kemarin, bahkan, terkesan seperti menikmati sepedaan bersama di musim panas saja. Dan diantara jejalan peserta, sepeda-sepeda yang unik ikut meramaikan. Nah, saya senang banget lihat peserta yang lucu-lucu ini. Tidak hanya sepeda roda dua, roda satu juga banyak. Sepeda roda dua dengan dudukan yang tinggi juga ada, sempat mikir, entah gimana cara berhentinya. Selain itu, grup pengendara sepeda dari mereka yang berkebutuhan khusus juga ada, grup sekeluarga lengkap dengan anak, pengendara sepeda yang nyentrik dengan loudspeaker musik keras, pokoknya udah kaya kondangan saja rasanya.

Yang paling asyik adalah ngerasain sepedaan di dalam terowongan (tol). Namanya tol, nggak ada akses sepeda tentunya. Jadi, rata-rata peserta terlihat sangat menikmati suasana yang berbeda tersebut. Hal ini bisa dilihat dari respon bersambut dari semua peserta membunyikan bel sepeda disepanjang terowongan. Mungkin karena bel tersebut adalah luapan kegembiraan, sembari membayangkan impian bikers Berlin diberi akses sepeda di tol, jadi, gema suara bel-belnya terdengar menarik saja menurut saya. Haha.

Ya, beberapa jalan raya memang ditutup berikut 2 akses tol juga ditutup ketika dilewati para peserta demo. Dan seperti biasa, semua kegiatan seperti ini dikoordinir oleh panitia dengan baik terutama di setiap titik pertemuan. Tidak hanya panitia saja yang mengawal aktivitas demo ini, tapi polisi juga terlihat di hampir semua titik pertemuan dan ini sangat membantu saat ada pihak-pihak yang ingin menerobos karena tidak tau kegiatan ini sebelumnya.

Pesan apa yang menarik dari demo ini?

Mari menghargai setiap perubahan baik, sekecil apapun yang terjadi disekeliling kita. Perubahan terjadi karena adanya orang-orang yang bersedia menyumbangkan pemikiran dan mencari cara mewujudkan ide-ide tersebut. Kamu merasa ada perubahan dengan program pemerintah kita sekarang? Merasa ada perubahan di Jakarta dengan program gubernur sekarang? Mari kita dukung, dan, terus bekerja sama untuk menuju pencapaian yang lebih baik lagi. Kita memang bergerak dari kehidupan dan background yang berbeda, tapi, ketika tujuan bisa disatukan, gerakan-gerakan sekecil apapun itu akan memberi perubahan berguna. Mari terus bergerak!

Berikut biarlah foto-fotonya yang akan bercerita…

IMG_0146a.jpg

(awal gabung di Hermannplatz)

IMG_0154a

(tema demo sepeda kemarin)

IMG_0157a.jpg

(sesaat sebelum memasuki terowongan (tol))

IMG_0165a

(kita juga dapat hiburan permainan seruling kaya gini… keren kan…)

IMG_0167a

(bersepeda dengan anak)

IMG_0186a.jpg

(contoh jalur sepeda, aspal hitam, yang diminta diperlebar lagi dan pedestrian di sebelahnya)

IMG_0194a.jpg

(si mas yang ini sepedaannya cocok sambil baca majalah itu mas)

IMG_0190a.jpg

(multi task)

IMG_0189a.jpg

(si mbak nya senyum ke kamera, pertanda boleh diupload kan yah…)

IMG_0197a.jpg

(senyum manis peserta)

IMG_0196a.jpg

(ngapain lu foto-foto, gitu kali maksudnya. tapi sepeda seperti disebelahnya yang saya pengen foto, banyak digunakan untuk angkut barang dan kemarin difungsikan buat taro speaker gitu)

IMG_0199a.jpg

(sayang anak)

IMG_0206a.jpg

(si mas tau aja saya fotoin padahal dari belakang fotonya)

IMG_0201a.jpg

(hujan, buka sepatu saja)

IMG_0175a.jpg

(Kita setelah 30 kilometer ikut demo sepeda damai kemarin)

Advertisements

7 Comments Add yours

  1. lindaleenk says:

    Demo dengan naik sepeda? menarik ya
    trus sepeda di sana kok modifnya menarikk
    di Indo jarang deh yang ada macem-macemnya gitu
    eh apa aku yang jarang nemu ya

    1. iya mbak, demo sepeda macam ini saya pasti mendukung… hehehe…
      kalo kita di Indo, mungkin saat 17an seru-seruannya mbak… sepeda hias…

  2. inlycampbell says:

    Demonya keren banget, Nin.. And 30 km sepedeaan pelan2 itu jauh banget yaaa.. Aku 17 km aja dah mau gempor.. haha..

    1. iya say, semoga membawa perubahan… hihihi…
      tidak terasa In karena bareng-bareng yang lain. kita memang demen naik sepeda In, hampir tiap weekend ada sesi sepedaan seari musim semi kemarin… kalo sendiri, pasti berasa mungkin ya In…

  3. winnymarlina says:

    ini demo sambil sehat kak

  4. zilko says:

    Di Belanda kalau jalurnya ramai, memang jalur sepedanya lebih lebar daripada yang hitam itu (ini sih pakai ilmu kira-kira dari foto aja ya, hehehe 🙂 ). Dan disini jalurnya diberi warna merah maroon supaya terlihat jelas perbedaannya dari jalan biasa 😀 .

    Setujuu, sepedaan memang penting banget ya! Selain ramah lingkungan, ini juga membuat masyarakat menjadi lebih sehat!! 🙂

  5. Fee says:

    Blognya memang ada dua atau saya yang bingung ya mba..:) templatenya beda…seru banget ada demo sepeda…kalau ada orang Indonesianya mungkin pakai sepeda onthel hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s