3 Minggu Menjelajah Skandinavia dengan Mobil Caravan

Waktu pertama kali dikasi tau tentang ide liburan musim panas ini, saya sudah kesenangan duluan. Pasalnya, Skandinavia adalah destinasi nya. Siapa yang tidak tau keindahan alam Skandinavia, bukan? Lalu travellingnya pake mobil caravan lagi. Soalnya ini juga sesuatu yang baru buat saya. Dari dulu, pengen tau gimana rasanya melakukan perjalanan jauh dan seolah tergantung dengan rumah berjalan itu. Kalau baca page saya, pasti ini jadi cerita lama karena kita jalannya musim panas tahun lalu, tapi sekedar merangkum dalam satu halaman, tidak mengapalah. Kalau ada waktu lagi, saya juga ingin menulisnya satu persatu. Sayang kalau tidak bagi pengalamannya.

Jadi ceritanya, musim panas kemarin, selama 3 minggu lebih kita merencanakan perjalanan ke Scandinavia. Mobil ini disewa seharga 100 an Euro per hari. Bayar deposit sekitar 2500 Euro saya lupa. Semua dibayarkan di awal, ditandatangani, lalu siap dibawa keliling. Yang pasti, kalau mau nyewa mobil caravan untuk musim panas, maksimal Januari sudah harus fix karena banyak orang yang ingin bepergian dengan mobil tersebut saat musim panas. Bahkan di hari Jumat ketika kita akan berangkat pun, mobil itu harus kita tunggu dulu karena baru saja sampai di tempat rental, dalam arti, pemakaiannya memang full.

Mobil caravan kita punya cukup besar, punya tempat tidur ukuran double di atap, tepat di atas supir. Lalu tempat duduk di belakang supir, yang juga sekaligus bisa buat meja makan kalau dingin atau hujan di luar. Malam harinya, kedua kursi ini bisa disatukan dan beralih fungsi jadi tempat tidur double. Di sisi kanan mobil, ada juga sofa panjang yang juga bisa digunakan untuk satu tempat tidur. Dapur mini dengan 2 stoves, kamar mandi (shower) mungil, serta toilet. Laci-laci sangat banyak buat tempat makanan dan pakaian selama perjalanan. Oh ya, selain itu, tentu saja tempat penyimpanan makanan selama perjalanan juga besar, bahkan kita juga bawa peralatan barbeque yang kemudian kita pakai di Copenhagen, Oslo dan beberapa kota lainnya yang kita singgahi. Yang penting, kita tanya dulu penginapan, apakah diijinkan barbeque an atau tidak.

(bagian depan – ini saya ambil sehabis liburan)

(bagian depan – supir yang cukup lega)

(toilet dan washtafel yang super mini)

(shower, yang jarang kita gunakan, biasanya kita milih mandi di penginapan)

(meja makan sekaligus tempat tidur di bagian sisiΒ  kiri mobil, tepat di belakang supir)

(dari pintu samping caravan, terlihat juga laci-laci yang banyak di atas kursi)

(dapur super mungil dan lemarinya)

(tempat tidur double tepat di atas supir)

(sofa di sebelah kanan mobil yang juga bisa digunakan jadi single bed)

Keuntungan Pakai Mobil Caravan

1. Fleksible

Akan lebih mudah melakukan perjalanan dengan kendaraan sendiri memang. Ketika ketemu spot keren buat foto atau narsis, kita tinggal berhenti saja (ketahuan sudah niatannya jalan-jalan kan yah). Skandinavia terkenal dengan landscape nya yang cantik dan ada kalanya transportasi umum tidak menunjang, jadi caravan ini salah satu solusi buat traveller yang mau capek. Tapi tidak akan menyesal lah pokoknya.

Karena kita mengunjungi cukup banyak tempat, biasanya kita target berkendaraan sekitar 400-600 an kilometer per hari. Hanya ada beberapa kota tertentu saja yang kita tinggal 2-3 hari, seperti Copenhagen, Oslo, Trondheim dan Bergen. Tapi, ada juga beberapa kali karena kemalaman, dan tidak ketemu camping area, kami hanya berhenti di tempat publik tapi diijinkan buat camping. Oh ya, di Denmark hanya boleh nginap di camping area. Kalo di Swedia dan Norwegia, tidak apa-apa selama ada petunjuk diijinkan buat caravan.

(foto ini saya ambil sekitar pukul 11 malam, disinilah saya sadar, di tempat ini tidak ada malam nya)

Foto di atas adalah salah satu foto di tempat antah berantah, di ketinggian Norwegia bagian utara, dimana pohon-pohon sudah tidak lagi bisa tumbuh tinggi. Ini konsep pose yang saya senang, musim panas tapi latar belakangnya salju. Foto ini tidak akan bisa diabadikan kalau bukan karena naik caravan. Saat itu, kami memutuskan berhenti di sini setelah kemalaman di jalan dan tidak ketemu tempat camping. Agak kuatir juga awalnya, tapi beruntung sudah ada mobil caravan di area tersebut sekitar 5 mobil, jadi kita memutuskan bergabung.

2. Hemat biaya hotel

Biasanya, mereka yang juga berwisata dengan mobil caravan seperti kita akan menginap di camping area (khusus buat mobil juga ada). Di sana, kita biasanya membereskan toilet yang sudah dipakai selama perjalanan. Membuang sampah. Dan service yang kita bayar (rate nya sekitar 15-25 euro an per malam untuk mobil nya saja), itu termasuk listrik dan wifi. Setelah masuk camping area seperti itu, kita biasanya nge charge penuh kamera, hape, tablet, komputer dan semua yang perlu di charge. Selain di Copenhagen dan kota Denmark lainnya, biaya mandi bayar. Kalau dapur camping areanya bagus, kita bisa pakai kemarin, tapi kalau enggak biasanya masak di mobil saja. Selain itu, persiapan air juga harus banyak. Tidak hanya untuk diminum, tapi untuk masak ya! Air bersih bisa kita dapatkan di camping area atau tempat-tempat umum. Di Scandinavia, mereka sangat ramah dengan traveller, tidak hanya air bersih saja, tapi air buangan dari toilet pun mereka siapkan di tempat publik biasanya dekat dengan pom bensin.

3. Hemat biaya makan

Bagaimana urusan makan? Ini juga tema penting. Tapi karena kita memang berniat berpetualang semaksimal mungkin, maka, kita menyetok makanan banyak. Toh juga di mobil bisa masak, lalu, di tempat camping juga bisa kan? Nah, dengan pemikiran itu, kita siapin banyak makanan dari Jerman. Selain nyobain makanan khas, dan beli roti buat keseharian, kita tidak lagi mengeluarkan uang untuk belanja makanan di sana. Mahal, eh! Dan pada akhir perjalanan, kita bisa ketawa bersama karena sudah nyetok makanan terlalu banyak. Masih cukup terusin ke utara sebulan, begitu kira-kira. Oh ya, jangan lupa, apa saja yang diijinkan boleh dibawa nyeberang makanannya ya, apel dan kentang termasuk yang tidak diperbolehkan. Terus, wine juga dibatasin. Mobil memang diperiksa random diperbatasan, tapi, ada baiknya mempersiapkan yang terbaik sebelumnya.

Kekurangannya Pakai Mobil Caravan

1. Capek Nyetir Jauh

Ya, iyalah. Namanya juga bawa mobil, masa mobil bisa jalan sendiri? Kalau mau perjalanan jauh, mending cari teman yang bisa gantian memang. Kita ketemu dua perempuan dari Jerman yang baru saja pulang dari Skandinavia saat kita di Copenhagen, mereka bahkan lebih dari sebulan melakukan perjalanan. Berdua saja. Dan nyetir sejauh itu? Mereka memang jagoan, gantian berdua nyetirnya.

2. Biaya Kapal Mahal

Ada daerah-daerah di Norwegia yang tidak memungkinkan dijangkau dengan darat, solusinya pakai kapal dulu nyeberang baru melakukan perjalan darat kembali. Nah, ketika nyeberang seperti ini, biasanya biaya nyeberang mobil bisa lebih dari 10 kali tiket orang.

3. Biaya Parkir Mahal

Selain terkadang sulit menemukan parkir, biaya parkir cukup mahal di beberapa kota yang kita kunjungi, contohnya di Copenhagen dan Oslo. Dengan pertimbangan ini, kita tinggalkan caravan nya di camping area dan memiliih Oslo pass untuk menjelajah Oslo, misalnya.

Ya, sementara itu dulu yang saya ingat ya. Asyik pokoknya melakukan perjalan panjang seperti ini dengan mobil caravan, lebih banyak untungnya daripada enggak nya. Pantas saja orang-orang Barat yang travelholic benar-benar memanfaatkan cara ini dengan maksimal walau harus dibayar capek. Mereka mau susah-susah dengan caravan atau bahkan naik motor menjelajah (Eh, ketemu orang dari Belanda naik motor saat di Norwegia, nyentrik banget dah itu si abang).

Dan kembali lagi, sebenarnya itu semua didukung oleh kesadaran negara-negara mereka akan potensi pariwisata yang dimiliki, fasilitasnya dibenahi. Coba di Norwegia, di daerah sangat kecil pun, kita menemukan tempat membuang tangki WC, tersedia air bersih, penduduk bisa bahasa Inggris, jadi yang ingin travelling sudah dimudahkan lebih duluan dan nggak takut kalaupun sampai nyasar. Kapan giliran Indonesia ramah fasilitas dengan traveller semacam ini?

(Jadi, saat itu saya jadi tau, kenapa pulang liburan justru naik 2 kilo. Karena kita nyetok makanan banyak, masa mau dianggurin kan yah?)

Sebelumnya saya sudah posting di sini.

Advertisements

65 Comments Add yours

1. Saya juga pernah jalan2 d jerman selatan dengan mobil caravan. Rasanya emang beda dengan travel bisa πŸ™‚ Salam kenal πŸ™‚

1. sepakat banget, jalan-jalan dengan mobil caravan, capek tapi seru ya… salam kenal kembali ya πŸ™‚

2. Liberto Amin says:

Negara mana yahh Skandinavia, tak pernah dengarpun :’D

1. serius? oh ya, skandinavia itu terdiri dari denmark, swedia, norwegia dan finlandia.

1. Liberto Amin says:

Oh ngono :’D wahh Findland πŸ™‚ kereen dehh

3. heywabbit says:

Duh impian aku sama suami banget road trip pake caravan gini, selama ini kalo road trip cuma jakarta – malang, itu juga udah capek karena berhenti buat istirahat cuma di pom bensin dan resto sekitar, plus aku ga bisa nyetir :p Jam 11 malam kayak begitu terangnya, bagus bangettt ❀ ❀ enak nih kalau bawa anak naik caravan, bisa jumpalitan :))

1. makasih mbak, ayo direncanakan. kala nggak mau nyeberang jauh ke sini, di ausi juga seru jalan pakai gini, dekat dari indo. dulu pernah nge road trip dari jakarta ke sumatra kita mbak, seru juga. tapi itu 4 mobil, memang petualangannya nggak terlalu terasa, tapi lebih ke arah berwisata. iya mbak, saya baru ketemu midnight sun itu kaya gitu rupanya… nggak ada malam. cuma masih belum ngelihat aurora nya…

iya mbak, sama anak kecil banyak juga yang jalan pake caravan nya, ketemu di camping area gitu mereka main. jadi kenalan dengan anak-anak lain dari berbagai negara. terus, didalam mobilnya juga lumayan lega.

4. Wah dari dulu aku mau nyoba pake caravan. Keliatannya asik bgt. Ini tetangga2 aku yg setelah pensiun pasti beli RV trus road trip deh. Tp kl nyetir ini aku ngeri. Gede banget 😱

1. oh iya, betul banget mbak. di sini, rata-rata orang tua yang memang hobi jalan, mereka beli.
      asik saja rasanya mbak, mungkin karena beda ya. bener mbak, berasa bawa rumah pokoknya… hahaa… perlu penyesuaian nyetirnya ya.

5. indrihapsari says:

Ih asyiknya mbak Kei jalan2 ke Scandinavia…sy cuma mau liat aurora πŸ˜€ Pernah baca kalau di suatu waktu negara2 ini mengalami siang yang teramat panjang, trus di waktu yang lain malam teramat panjang. Ternyata begitu ya situasinya..untung mbak Kei kebagian yang siangnya panjang ya πŸ˜€ Yang pasti, tambah mesra dgn si abang πŸ˜€

1. wah, saya nggak kebagian lihat auroanya bu dosen… padahal pengen banget itu, sama ngilernya lihat alamnya Canada, dan mereka juga ada aurora… semoga ada kesempatan ke sana, aminnnn.

iya mbak, bahkan malamnya nggak ada. tetap saja terang, hanya sedikit meredup saja.
      hahaha… budos bisa saja.

6. nyonyasepatu says:

Aku pengen bgt nih nyobain road trip tp belon kesampaian apalagi kalau sampai kesana pasti asik bgt ya

1. kalo suka sama alam pasti senang mbak, alamnya cantik dan nggak bosan-bosan kitanya. austria dan swiss juga cantik, tapi, skandinavia beda saja rasanya mbak.

7. ohdearria says:

Kalo di Australia seringan road trip dengan camper van atau hanya dengan ute dan kita camping πŸ˜€πŸ˜€ Selalu senang dengan road trip!😍 Disini ada juga mobil spt itu, banyak disewa oleh turis2.

1. itu impian saya juga mbak, jalan di ausie dan canada pakai mobil karavan…. bisa mbayangin saya mbak, asik banget pastinya.

1. ohdearria says:

Kita se-hobi nih Nin, aku juga suka road trip πŸ™‚ πŸ™‚

2. makasih mbak, saya juga senang camping mbak. udah jajalin camping di beberapa negara, tapi masih penasaran camping di atas es, seperti ada teman sudah coba di rusia.

8. adhyasahib says:

pemandangan alamnya Skandinavia memang keren ya, cocok dipake road trip gitu. apalagi pake mobil caravan gitu berasa bawa rumah berjalan, asik dan seru ya mbak, bawa aku dong kesana *eeh πŸ˜›

1. betul mbak, cocok caravannya dibawa ke skandinavia… ayo mbak, ayo… haha

9. Gara says:

Itu yang tidur di atas sopir ada sabuk pengamannya kan Mbak? Saya agak khawatir kalau seandainya di tengah malam terus si pengemudi mengerem mendadak, yang tidur di atas sopir bisa-bisa jatuh dan terlempar… doh amit-amit.
    Tapi memang seru banget sih jalan-jalan dengan kendaraan sendiri itu. Bebas mau berhenti di mana saja, bebas mau berhenti selama apa pun :hehe.

1. Itu ada pembatas mas, seperti pembatas tempat tidur buat bayi. tapi, ini tempat tidur kan dipake saat istirahat mas. orang nggak ada yang tidur saat mobil jalan mas. seharian jalan, sore berhenti di tempat camping. nah, itu tempat tidur semua nya baru digunakan.

betul mas, enaknya disitu, lebih flesible untuk urusan berhenti ya. πŸ™‚

10. Puji says:

Waaa seru banget naik caravan. Mauu cobain 😁

1. ayo mbak… serunya diiyakan, memang seru mbak apalagi jalan sama teman yang asik πŸ™‚

11. Ria says:

hahahahah, fungsi liburan itu memang selain refreshing bikin tambah naik berat badan :))))) wow, seru banget jalan2 pake karavan.
    Soal fasilitas umum, saat di kawah putih baru kali itu aku liat kawasan yg lumayan bersih. Dan memang ada tempat sampah sih. Tp biasanya tempat wisata buset badai joroknya. Jadi fasilitas perlu, tapi pengguna juga harus sadar utk menggunakannya ya

1. hahaha… makasih mbak, bener-benar heran koq bisa naik berat badannya segitu banyak. kan tiap hari jalan dan tersiksa juga kalo mau dibilang. haha. iya ya mbak, betul banget itu masalah menjaga, itu poin yang sering dilupakan oleh masyarakat kita. minta dibenahi dan dibangun tapi giliran ngerawat, kagak. ntar pengen ke kawah putih, keren itu mbak.

12. Christa says:

Wah ini salah satu bucket list aku buat road trip naik caravan.. terima kasih ya sudah berbagi plus minusnya hehehe. Walau cuma sedikit fotonya, tapi kebayang pasti pemandangannya cantik banget yaa..

1. makasih juga sudah mampir mbak, nggak enak saya foto terlalu banyak, ntar susah scoll nya. iya mbak, asik, apalagi kalo jalannya sama yang suka travel juga. nggak nyesal lah pokoknya mbak.

13. indrijuwono says:

skandinavia salah satu bucket list aku! kalau beres kerjaan-kerjaan di sini kayaknya mau banget keliling kayak gitu sepanjang musim panas gitu ya! bagus banget deh caravannya, rasanya di Indonesia nggak banyak yang ada juga. padahal jalan-jalan naik mobil sendiri kan asyik..

1. saya masih satu lagi mbak, menyusuri ke utara sampai Finlandia… tapi masih mikir waktu yang tepat.

iya mbak, asik pokoknya mbak. karna ini petualangannya berasa kaya gimana gitu. pegal dan capek, itu pasti, tapi serunya juga disitu. ayo mbak, rencanakan. musim panas memang yang cocok, itupun musim panas harus tetap sediain jaket.

berharap banget konsep ini juga ada di Indonesia ke depan. alam kita banyak dan Indonesia kan luas, pasti seru travelling sama teman-teman dengan model kaya gini.

14. Maya says:

Dari dulu selalu penasaran gimana sih dalemnya mobil caravan itu, wah ternyata lengkap juga dan cozy ya πŸ™‚
    Kalo dibisa liburan overland pake mobil itu pasti seru deh. Cuma kalo di Indonesia susahnya belum umum, jadi belum ada fasilitas yang menunjang jadi kalo suatu kali liburan ke Eropa sana, ini boleh juga di coba nih.

1. iya say, dulu saya juga penasaran gimana didalam dan gimana kira-kira melakukan perjalanan dengan mobil karavan gitu.
      di ausie dan kanada, yang saya tau turis juga suka pake kaya gini… sebenarnya, kalo di Indo dimulai, tampaknya bakal laris juga, disamping sekarang minat kita untuk berwisata sudah tinggi.

ntar kalo ke sini, bilang-bilang ya, siapa tau bisa double an jalannya… kan seru…

1. Maya says:

Iya ternyata kayak rumah berjalan ya cuma versi mini nya πŸ˜€
        Kalo di Indo kayaknya kalo mobil caravan itu agak ribet deh, soalnya dari segi tempat parkir yang susah. karena di rest area aja kadang dibatasi, belum lagi faktor keamanannya. Lagian disini mudah banget menemukan hotel sepanjang jalan dengan harga yang murah meriah dan pastinya lebih aman ketimbang tidur dalam mobil parkir dipinggir jalan πŸ˜€
        siiip, wah tiap baca blog, langsung masukin bucket list ide ide liburan yang seru πŸ™‚

2. betul mbak, ini versi mini nya saja. sebenarnya di sini juga nggak boleh asal parkir, maksudnya dia juga ada parkir khusus mbak, itu termasuk karena ukuran mobil karavan dan mobil biasa kan jauh beda gitu. jadi, kita hanya boleh masuk area parkiran yang ada tulisannya caravan diijinkan.

kalo soal hotel, betul banget mbak. di sana ketemu hotel murah sepanjang jalan. belum lagi, kita model jalan-jalan nya juga beda ya sama orang sini. maksudnya, mereka ini cenderung lebih ke alam kalo udah memang sempat niat bawa karavan. sementara kita, masih lebih utama tempat-tempat yang dikenal ngunjunginnya.

ayo, tambahin listnya mbak.

15. zilko says:

Hehehe, aku penasaran dengan roadtrip di Norwegia sebenarnya. Kalau tidak salah ada jalanan yang jembatannya panjang dan indah banget itu disana kan ya?

1. Asik mas, harus dicoba. Nggak nyesal lah. Iya mas, betul, kita lewatin jembatannya. πŸ™‚

16. elitadame says:

aaahhh.. seru banget kyknya ya mba Kei… kayak di film-film, hehehehehe…

1. hihihi… makasih mbak, serunya dapat, capeknya juga dapet mbak…

17. Seru yach mbak liburan naik caravan spt ini. Walaupun rada caek nyetirnya tapi puas dan nyaman bangat .

1. makasih ya mbak, puasnya itu yang buat masih tetap pengen nyoba lagi…

18. inlycampbell says:

Keren banget.. dan asyik banget ga ada malam nya haha, skrg lagi di NZ, baru gelap setelah jam 9 malam aja heboh akunya, haha.. Cuma aku bakal stress sama tempat tidur yang diatas tuh.. mepet bener yah ma atap nya mobil, hahaha..

1. haha… atapnya buat sesak duluan ya… si abang yang tidur di situ. hahaha…

iya mbak, ada serunya, tapi ada anehnya juga, terang terus tapi sudah lewat tengah malam. hehehe… wah, asik lagi di NZ ya mbak… oh ya, siapa tau kenal Pak Timothy? biasa dipanggil Pak Tim? alumni ITB sekarang dosen di sana? Pengen banget ke link sama Pak Tim, lagi cari kontak.

1. inlycampbell says:

Wah, gak kenal sama pak Timothy .. 😦

2. oke mbak… makasih ya

19. ceritaikha says:

Mbaak mbaaaak ini keren pake bangeeet. Cita cita banget naik caravan trus barbequean. Kebanyakan nonton film. Tapi di sini mana ada.
    Sekarang cuma bisa trimo road trip paling jauh ke jogja.
    *eluselusfotocaravan

1. hahaha… nah, saya beluman itu mbak nge roadtrip ke Jogja… pasti asik banget ya mbak view sepanjang jalan… duh, ngimpi banget dah bisa nge travelling kaya gitu di sana… semakin kita lihat alam di luar sana, semakin mikir, kenapa dulu-dulu nggak gunain waktu keliling indonesia… eh, ada yang lupa, lah dulu sekolah, duit nya darimana?

ya gitu deh mbak, semoga ntar kesampean nge-caravan di luar ya… ausie atau NZ dekat dari kita, di sana juga keren banget nge trip pake caravan.

1. ceritaikha says:

Amiiiin amiiiin. Kemaren ke jogja agak butek soalnya pas rame. Malah seneng pas lewat solo kota. Kotanya bersiiih trus asri banget.

2. Makasih mbak. Pengen pokoknya ntar nge-roadtrip, dengar gini makin kepengen.

20. Mbaaak ._. aku sebagai orang awam, baru tau mobil caravan ._. cuma bisa mangaaap betapa kerennya mobil satu ini mbak -_- duuuuuh, jalan-jalan beberapa minggu pake mobil ini mah tahan pasti aku πŸ˜€ nyaman gitu πŸ˜€

1. yakin tahan beberapa minggu, Dek? Beberapanya ada 2 gitu yah… hehehe

iya mas, lumayan juga di dalamnya walau ukuran super mini semuanya. Pengalaman baru memang selalu menarik, hanya, kalau lama pasti pegel.

1. Yakin mbak. Beberapanya paling 2 minggu deh :p wkwkwk πŸ˜€ lah udah kayak rumah berjalan banget sih mbak πŸ˜€ kan nyaman ya ._.

2. Iya, betul mas, nyaman memang ya… tapi urusan nyetirnya itu yang mungkin nggak karuan ya…

3. Nah, iya itu dia. Ditambah aku nggak bisa nyetir, jadi, mobilnya diem aja deh udah, biar nggak capek :’) wkwkw

4. wakakakkaka….. hahaha… camping selamanya ya mas…

5. Kwkwkwk sedih banget :p wkwkw πŸ˜€

6. jangan sedih mas, itu juga dihitung jalan-jalan lah

21. alrisblog says:

Asik juga traveling dengan mobil caravan. Hemat biaya dan bisa bebas.
    Bisa keliru juga membedakan siang dan malam kalau sepanjang hari terang terus, πŸ™‚
    salam

1. Betul mas, banyak hal manfaat nya bepergian naik karavan ini…
      Ada juga bedanya mas, tetap hawanya lebih dingin, dan warna nya agak lebih putih….
      Terimakasih sudah mampir ya mas. Salam hangat.

22. bersapedahan says:

wah mimpi saya jalan2 di eropa naik mobil caravan ….
    baca2 info ini jadi terbayang bagaimana cara memesan dan mengoperasionalkannya .. hehe .. supaya aman dan nyaman berkeliling antar negara

1. asik mas, ini pantas dicoba kalo memang siap untuk capek mas…
      yang pasti, nggak nyesal mas, setimpal lah dengan capeknya…

23. mysukmana says:

asyik banget nih mbak, kayak di filmnya 2012 yang kiamat itu..pengen banget traveller kayak gini keliling amerika pesisir pantai barat ke timur.. keren

1. wah, saya juga jadi ikut-ikutan bermimpi ini mbak… makasih ya mbak πŸ™‚

24. wooclipmovie says:

Thanks for sharing your adventures! Nice narration and pictures!

Download Inside Out (2015) BluRay

1. You are welcome! Thanks for the link!

25. kutubuku says:

Aku baru lihat ini posting, ini Jerman banget ga sih, naik mobil kemping begini? HAhaha, soalnya kalau di Skandinavia ini terkenal banget turis Jerman suka naik mobil beginian kemana2 krn mau hemat dan praktis πŸ˜›