Melebur dalam Kebaikan: Gong Xi Fa Cai!

12717424_10206894012043732_7594311867204651195_n

Tradisi ngumpul di hari besar itu ibarat menu utama dari sebuah perayaan. Karena tidak bisa ditampik kalau kebersamaan itu memang indah dan memberi kegembiraan ganda. Dan karena hari besar itu identik dengan ngumpul; sebut saja hari besar Waisak, Nyepi, Natal, Lebaran, Imlek, maka keluarga yang merayakan biasanya mengusahakan untuk berkumpul.

Betul?

Banget, dah!

Tradisi ngumpul indentik dengan mudik versi Indonesia tidak hanya dimiliki bangsa kita saja, tapi, tampaknya dimiliki banyak bangsa yang merayakan hari besar agama, misalnya. Mungkin Jerman adalah salah satunya. Dimana kota Berlin yang riuh itu pun akan menjadi lengang di tanggal 24 Desember disaat malam Natal. Jadi, jangan berwisata ke Jerman saat malam Natal atau Natal, ya! Nanti tidak akan puas melihat kota nya karena banyak tempat tutup.

Mengingat tradisi ngumpul ini lah, maka perayaan Imlek dari kantor young international researcher kita pun menerima saran dari teman-teman untuk mengadakan makan malam sederhana. Sekedar ngumpul saja, begitu. Teman dari Cina dan Singapore juga sudah menyanggupi untuk jadi host. Sementara, seperti biasa, dapur kantor international office yang hanya punya dua stoves itu bisa dipake untuk masak dan salah satu dari ruangan presentasi kantor akan dipakai untuk makan bersama nantinya.

Iya, begini lah cara kami yang tidak dekat dengan keluarga berkumpul untuk merayakan hari besar di sini. Dan saya sangat bersyukur karena kantor international office ini sudah seperti rumah bagi banyak bangsa selama melakukan penelitian, atau, jadi guest researchers di sini. Tidak hanya memanjakan kami dengan jalan-jalan mengenal Jerman yang dibiayai universitas, pemerintah kota serta pemerintah Jerman, tapi hal perayaan seperti ini pun tetap diperhatikan.

Kembali lagi ke acara masak-masak yang dimulai setelah jam kantor tersebut. Seperti biasa, kapasitas peserta selalu dibatasi karena tempatnya memang kecil. Jadi harus cepat-cepat daftar kalau sudah ada pengumuman. Dan kali ini, kita diajarin bagaimana masak beberapa masakan Chinese foods berikut juga cara buat Chinese dumpling (saat kunjungan kita ke Polandia, kita tau bahwa dumpling juga terkenal di sana, jadi kita bedakan dengan namanya begitu).

(teman dari Cina ngajarin group kita membuat dumpling)

(ini dumpling yang sudah jadi dengan segala permasalahan dan lekuknya, haha.)

Ya, sudah begitu saja cerita kita dari sini, hanya ingin membagikan kebahagiaan kami saat merayakan Imlek dengan sederhana dari salah satu sudut kota di Jerman. Tidak ada lampion, tidak ada baju baru, tidak ada angpao, tidak ada makanan-makanan yang super enak, tapi kita semua melebur dalam perayaan yang sesungguhnya tidak lagi melihat sekat bangsa itu. Lagi-lagi, kebersamaan itu indah ketika kita bisa mengesampingkan perbedaan!

Dan bukankah berteman itu ibarat menambah jumlah jendela buat kita? Jendela untuk bisa melihat dunia lain dari perspektif yang lain, juga. Kenapa kita harus menyipitkan mata dan tidak membuka hati menerima perbedaan kultur yang berbeda, bukan? Mungkin juga pesan ngumpul dari setiap perayaan itu sebenarnya, agar kita belajar berbagi (makanan dan pengetahuan tentang sesuatu) dengan orang-orang sekeliling. Ketika ngumpul juga bertemu orang lain, berarti kita belajar menyikapi perbedaan. Dan lihatlah betapa teman-teman ini senang mempersiapkan menu makan malam kami, mereka bukan saja menggemaskan (ocehan dan penampilannya), tapi dipastikan juga pintar.

(dia lagi serius membuat salah satu resep, dan, hiasan rambutnya mengatakan dia excited dengan perayaan Imlek)

(bahan ramen: kita mempersiapkan vegetarian saja biar netral)

(kita menyiapkan satu kompor dan satu fondue di meja)

12715254_10206893144582046_5641829146979062442_n

Dan pada akhirnya, kita menyilangkan tangan (cowo: tangan kanan di atas, untuk cewe tangan kiri di atas) dan mengucapkan

Gong Xi Fa Cai, Xin Nian Kuai Le!

Happy Lunar New Year 2567!

Sebelumnya tulisan ini juga saya posting di sini.

Advertisements

28 Comments Add yours

  1. inlycampbell says:

    Nina, ini sukiyaki gitu kan ya? celup2an gitu? wahhhh aku juga suka bangett.. rebus2 gitu sehat euy drpd goreng2 .. hehehe.. tiap malam imlek juga makan ini..

    1. iya mbak, betul. Mereka ini juga mulai suka tapi biasanya versi Jermannya pakai daging. Disini dibilang semacam ramen atau fondue gitu mbak. Biar lebih asik ngobrolnya sambil nunggu kan yah… haha… disamping juga sehat. Selamat menikmati perayaan di sana ya say, kangen masakan indo kalo saya.

      1. inlycampbell says:

        Iya macam di restoran shabu2 yah sebenarnya, ada yang kuah dan ada yang goreng.. thanksss yaaaa.. πŸ™‚

      2. betul, kaya shabu-shabu gitu mbak. ahhhhhh…. ingetin makanann…. #ngiler

  2. Waaaaks πŸ˜€ enak rame-rameee gitu mbak πŸ˜€ Bulenya serius dan excited banget ya mbak di foto πŸ˜€

    Eiiiiits, kalau ada aku disana, pasti aku makan paling banyak mbak :p

    1. betul dek, mereka senang banget, pengen tau.
      hahaha… selama masih ada makanan, dan, semua kebagian, nggak masyalah mas….

      1. Whahahaha bener mbak πŸ˜€

  3. zilko says:

    Ah! Makan makanan celup-celupan enaaak!! πŸ™‚

    Kalau tidak salah beberapa tahun lalu disini juga student association mahasiswa asal China juga pernah mengadakan acara makan-makan bareng di hari Sincia πŸ˜€ . Tapi kalau nggak salah dibatasi hanya untuk orang-orang dari sana saja deh. Mungkin karena memang jumlahnya banyak sementara tempatnya terbatas πŸ™‚ .

    1. betul mas, hot pot nya seru… nunggunya lama harus sekalian ngobrol…

      di sini, komunitas mahasiswa dari china selalu buat acara setiap sincia mas dan itu cukup besar perayaannya karena juga tempatnya besar. terakhir, yang ikut ada sekitar 200 an orang lebih. banyak. dan mereka bisa bawa teman, nggak hanya yang dari China mas. kalo ini bukan komunitas suku mas, ini young reseachersnya bawahan universitas yang sebenarnya nggak ada urusan ke perayaan-perayaan. karna itu, dapur kantor international office nya memang kecil, dan karna itu juga, jadi dibatasi maksimal 15 orang.

  4. Puji says:

    Jadi mau nyabu gara – gara baca postingan ini πŸ˜€

    1. seru mbak, apalagi kalo rame-rame sama teman. πŸ™‚

  5. winnymarlina says:

    selamat tahun baru china kak

    1. makasih say, di sana pasti lebih seru lagi ya…

  6. adhyasahib says:

    seru banget rame2 gitu, ngumpul2 sesama yang jauh dari tanah air πŸ™‚

    1. betul mbak, ngumpul itu memang tiada dua. nggak ketemu teman dari indo, teman-teman dari mana saja, juga sama. yang penting ngumpul. πŸ™‚

  7. seru dan senang yach ngumpul-ngumpul seperti ini. dengan perbedaan rasanya klop bangat satu sama yang lain kalau sudah duduk dan makan semeja.

    1. betul banget say, berteman itu kalau bisa meleburkan perbedaan, seru rasanya setiap ketemuan, apalagi kalo ngerayain hari besar bareng di meja yang sama.

  8. Christa says:

    Seru sekali, walau sederhana tapi pasti berasa kehangatannya πŸ™‚ setuju, merayakan hari raya itu bagiku memang penting berkumpul dgn keluarga dan orang terdekat yaa, baik itu teman atau kolega hehe

    1. betul mbak, perayaan itu enaknya memang bareng-bareng ya. nggak kebayang perayaan sendiri ya, garing betul.

  9. Happy Lunar New Year 2567!

    asik banget kantornya kak

    1. sama-sama ya mas, iya mas, lumayan lah masih bisa ada tempat buat ditambel-tambel meja dan kursi

  10. Maya says:

    Iya kalo Imlek paling seneg kalo kumpul2 entah sama temen atau keluarga. Seru juga ya acaranya, mengobati rasa kangen jauh dari keluarga πŸ™‚
    Gong Xi Fa Chai mba Nina, semoga di tahun Monyet Api banyak rejeki dan berl;impah keberuntungan ya πŸ™‚

    1. Amin. sama-sama say, selamat menikmati momen Sincia dan kebersamaan dengan keluarga ya.
      betul banget mbak, ngebanyangin perayaan di sana seru banget.

  11. Ria says:

    waktu smp di Jerman pas Paskah aja udah banyak yg tutup… huhuhuhu, sedih…

    1. itu betul banget mbak, bahkan untuk daerah kecil di hari minggu tutup semuanya. berlin dan dresden, dengan mempertimbangkan kota wisata setahun terakhir dibuka hari minggu (beberapa tempat) tapi itu hanya yang di main train station saja. selebihnya juga tutup. jadi bisa saya banyangin mbak.

  12. Ooowww.. ada aturannya ya cewe cowo pai2nya beda tangan?? Aku asal aja kalo pai2 *jitak*
    Btw happy CNY!

    1. ceritanya, kemarin itu dibenerin sama teman yang dari China. sama-sama ya say, Happy CNY!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s