Menara Pengintai Tembok Berlin

IMG_1616

Apa yang kamu bayangkan tentang tembok Berlin? Bagaimana cara kerja mereka dimasa itu mengawasi orang-orang yang ingin lari dari Timur ke Barat? Satu-satunya menara pengintai yang tersisa dari 200 an menara di masa itu kini dibuka untuk publik. Senang karena dapat kesempatan ke sana, dan, lebih senang karena tampaknya Jerman semakin terbuka perihal satu ini. Refleksi buat diri, bahwa sesuram apapun cerita masa lalu berdamailah dengannya.

552b2c1e6ea834397a8b4567

Foto : Menara Pengintai Tembok Berlin
Berlin, 2016
.

Sebelumnya, saya melihat menara ini ditanyangkan di tv dan beberapa orang pengunjung di interview. Sebagai pecinta hal-hal berbaur sejarah, saya jadi kepancing untuk cari tau di google gimana ke sana. Sekitar 15 saja dari Berlin Mitte. Tempatnya berada di pusat kota Berlin. Kalau sama penasarannya seperti saya, kalau ke Berlin, mampirlah! Apalagi setelah tau bahwa diantara 200 menara pengintai di jaman DDR dulu, ini adalah satu-satunya menara yang tersisa, pasti pengen tau. Iya, ceritanya 199 menara lainnya telah dirobohkan pasca runtuhnya tembok berlin.

Menara ini tidak lain berguna untuk mengawasi orang-orang yang ingin lari dari Berlin Timur ke Berlin Barat di masa perang dingin dulu. Melalui menara ini bisa dilihat kegiatan disekitar tembok Berlin masa itu. Disamping pengawasan lewat menara, percakapan-percakapan sekeliling juga bisa didengar jelas lewat beberapa telpon yang digantung ke menara tersebut.

IMG_1587
(Gambar pertama)
IMG_1606
(Gambar kedua)
IMG_1602
(Gambar ketiga)

 

Di gambar pertama, saya coba mendengarkan percakapan lewat salah satu telepon. Benar saja, percakapan dua wanita terdengar dengan jelas. Serem ya kalau ingat masa-masa kesuraman itu. Gambar kedua adalah tangga menuju ke menara tersebut, benar-benar vertikal. Waktu saya tanya apakah boleh naik ke atas dan ternyata dikasi ijin (padahal cuma pengen tau tadinya) langsung hore! Ya, walau pake rok, karena penasaran, saya naik saja. Toh juga naik nya harus satu-satu karena sangat sempit. Setelah mencapai setengah menara, kita harus pindah tangga di arah sebaliknya.
.
Sesampai di atas, benar, dari ruangan yang pengap dan sempit itu, dibuat beberapa kaca keberbagai arah dan dari sana terlihat aktivitas disekitar tembok Berlin, ada di gambar ketiga.

IMG_0758

(Sisa tembok Berlin dan grafitti nya)

IMG_0751

(Ilustrasi pelarian lewat tembok Berlin diantara grafitti)

Advertisements

9 Comments Add yours

  1. heywabbit says:

    Oo jadi sisa 1 ini memang dipertahankan ya? Serem banget bayangin masa masa itu sambil dengerin rekamannya 😦

    1. betul mbak, ini satu-satunya yang tersisa… merinding saya dengarnya mbak, ngebayang masa itu

  2. inlycampbell says:

    Wahhh keren banget bisa naik keatas nya.. Seru kayaknya ya..

    1. betul mbak, keren karna udah dibuka untuk publik.

  3. Aku penasaran di bagian kamu bisa mendengar percakapan via telpon. Apa itu mendengarkan rekaman atau benar-benar percakapan di sekeliling dalam radius tertentu bisa didengar dari telpon itu?

    1. mbak anita, percakapannya benar-benar kedengaran jelas mbak. kalo menurutku, mereka memang buat penyadap di beberapa titik, secara random mereka mengamati perkembangan, dan fokus dengan yang mencurigakan.

      1. Waww serem yah hidup di jaman penuh spionase, kecurigaan dan pembungkaman massal. Aku juga di ceritain sm tmn yg pernah kuliah dan kerja di Jerman, gak semua orang suka dan merasa nyaman klo ditny ttg jaman tembok berlin apalagi Hittler.

    2. betul mbak, serem. dan mungkin karena rasa trauma itu, mereka juga tidak senang ditanya-tanya tentang kisah lama tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s