Advent ke-4

IMG_0132
Dimana saja, kita bisa ketemu orang yang menginspirasi. Dan orang-orang yang memiliki kerendahan hati itu memang memikat.
.
Saat ibadah Advent ke-4 di Berliner Dom (gereja Protestan terbesar di Jerman), dan, gereja belum dihias dengan Pohon Natal.
552b2c1e6ea834397a8b4567
Foto : Advent ke-4
Berliner Dom, 2015
.
Ibadah Advent terakhir 2015 di gereja ini mengingatkan masa dulu waktu pertama kenal Berlin. Selalu senang melihat perubahan dan pergerakan kota ini.
.
Bersyukur buat Advent ke empat ini diberi kesempatan untuk bisa ikut ibadah di gereja protestan terbesar di Jerman ini. Ada yang lucu waktu mau masuk gereja, segitu lihat tampang Asia, saya langsung di arahkan masuk dari sebelah kanan gedung. Katanya, ada service dalam bahasa Inggris. Oke lah kalau gitu, saya ikut saja. Di sana, dibagikan semacam headphone buat terjemahan (saat ibadah).
.
Setelah ibadah selesai, kita diminta isi buku tamu. Seperti biasa, dibawah pesan, saya selalu nulis HKBP Menteng Lama Jakarta, sebagaimana terakhir saya terdaftar keanggotaan gereja saat di Jakarta. Setelah membaca buku tamu, segera si bapak di depan saya memutar badan dan bilang “Hi! Dari Jakarta? Saya dari Hong Kong! Saya ke Jakarta hampir tiap Minggu. Saya punya empat bisnis di Indonesia, superindo, bla bla bla…”
.
Akhirnya, kita ngobrol-ngobrol beberapa saat. Saya memang mendadak simpatik sama beliau karena saat mengisi buku tamu itu, saya sempat berpikir beliau adalah petugas gereja yang sedang membereskan semua kertas-kertas yang berserakan di kursi-kursi gereja dan menaruhnya di bagian depan.
.
Dan sebagaimana pesan Natal, kesederhanaan. Kulihat itu dalam diri si bapak, sederhana dan rendah hati. Dan oh ya, ini lah dandanan gereja Berliner Dom di Advent ke-4. Hanya ada lilin Advent, sudah nyala semua.
.
Petugas gereja menghampiri saya dan kemudian bilang “Datang minggu depan, ya! Gereja kita akan Natalan. Kita akan hias gereja.”
.
#‎adventtestimony2015‬ ‪#‎Day20‬
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s