Jajanan Pasar Natal (bagian tiga)

IMG_0340

Mari sarapan dengan roti buah! Ingat istilah roti bantal saat lihat ukuran dari roti ini. Roti (basah) ini memang enak, terbuat dari adonan yang dicampur dengan buah-buah yang dikeringkan. Rasanya khas Natal, dalam arti mengandung rempah-rempah (kayu manis dll).
.
Ada yang mau nitip? Stok di toko masih banyak. Yang ada juga keburu basi sebelum sampai di tempat.

552b2c1e6ea834397a8b4567

Foto: Jajanan Pasar Natal (bagian tiga)
Berlin, 2015
.
Ada kegemaran orang Jerman memasukkan buah didalam adonan kue lalu dipanggang. Jenisnya bermacam. Ada yang buahnya dirajang saja, ada yang diblender sampai halus, ada yang sudah dikeringkan lalu dimasukkan diadonan.
.
Biasanya, kalau yang siap dipanggang dijual tidak terlalu mahal di swalayan umum (tempat beli bahan makanan), masih ada yang dapat dibawah 2 euro (32 ribuan). Kalo di toko roti, yang memang sudah dipanggang dan fresh, akan lebih mahal tentunya dalam ukuran gram yang sama.
.
Walau ini khas di sini, secara umum (dari beberapa yang dicoba) saya tidak terlalu suka makannya. Mungkini ini karena saya juga kurang yang manis-manis. Kemarin saat lewat di Pasar Natal dan lihat ada semacam roti besar dan padat ini, campuran buah kering terlihat menggoda, hasilnya saya pengen nyoba. Untung bisa beli satu potong (iris lebih tepatnya, karena tipis sekali). Satu iris nya dihargai 1,5 euro (dikali 16 ribu). Mahal? Iya. Tapi namanya nyoba, sesekali boleh lah. Rasanya memang enak (ada sedikit rasa rempah-rempah gitu) dan tidak terlalu manis, yang artinya cocok dengan lidah saya smile emoticon

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. ci, ini roti buah ada kismis nya gitu2 bukan di dalem nya? mamiku tuh doyan banget roti2 model yg ada buah kering lah atau kismis kering gitu..

    1. betul dek, itu ada buah kering didalamnya. ajak maminya ntar ke jerman pas ada pasar natal dek…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s