Langit Berlin dari Teufelsberg

12347890_939855192770909_7105525429642010689_n

Memandang Berlin dari ketinggian Teufelsberg (tertinggi di Berlin). Pengennya ke sana kalau lagi tinggi saljunya biar bisa lihat lapangan luas yang putih, atau, nompang main perosotan sebentar, belum kesampean soalnya.

552b2c1e6ea834397a8b4567

Foto: Langit Berlin dari Teufelsberg
Berlin, 2015
.
Setelah nganterin hadiah-hadiah di hari st. Nikolaus, sempatin mampir ke tempat ini. Ini ketiga kali saya mengunjungi tempat ini. Tempat ini berada diketinggian 120,1 m di atas laut. Terletak di Grunewald (hutan/area hijau), merupakan bagian dari Berlin Barat dulunya. Katanya lagi, dulu, semua rongsokan-rongsokan bangunan dari kota Berlin di tumpuk di sini, sehingga menjadi tinggi (idenya bagus juga).
.
Sekarang posisinya memang menjadi tempat tertinggi di Berlin, sehingga menyenangkan melihat kota Berlin dari tempat ini. Berlin tv tower serta Potsdamerplatz bisa terlihat dari ketinggian Teufelsberg ini. Yang pasti, sedikit olahraga diperlukan untuk naik ke atas, perlu sekitar 15 menit dengan jalan mutar atau bisa juga dengan tangga yang disediakan. Dan bersiaplah dengan pakaian yang tepat karena di atas, anginnya cukup kencang.
.
Oh ya, dulunya lagi, tempat ini digunakan sebagai menara radio NSA Amerika. Menara nya ada di sebelah kanan saya, tidak tertangkap gambar. Tapi sekarang digunakan untuk wisata saja, atau sekedar mengulur layangan, atau, bermain pesawat-pesawatan pakai remote control, atau lagi, main perosotan salju kalau sedang tinggi saljunya.
.
‪#‎adventtestimony2015‬ ‪#‎Day8‬

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s