Kenapa Memilih Kuliah di Jerman?

Kenapa Memilih Kuliah di Jerman?
.

Kemarin saya ngobrol dengan seorang adik kelas, Indonesia, yang baru saja menyelesaikanbachelor nya di salah satu universitas Jerman. Dia lalu bercerita kalau awalnya dia berencana melanjutkan kuliah ke UK untuk master nya, namun setelah mencari tau bagaimana kehidupan di sana, setelah menyempatkan berlibur selama sebulan di bulan July lalu, dia pun kembali dengan Jerman, kembali memilih Jerman.

.
Saya tidak sedang promosi Jerman, percayalah  🙂
Hanya, terpikir saja kalau saya juga pernah diperhadapkan dengan kebingungan yang kurang lebih sama ketika berkeinginan melanjutkan perkuliahan s3 saya di sana. Saat itu, sebenarnya saya masih ditawarkan bebas uang perkuliahan, ini bisa didapat kalau IPK master antara 1 – 1,3 (mengikuti standar Jerman 1-5). Uang kuliahnya sekitar 12 ribu pound pertahun saat itu, namun, melihat biaya hidup yang juga sangat besar, jadilah kembali dengan Jerman, lagi-lagi memilih Jerman.
 .
Sebenarnya, kebetulannya lagi saya masih ada kerjaan yang ditangguhkan dengan si Prof, ya, sudahlah mungkin itu jalannya, begitu pemikiran saya saat itu.
.
Anda tau berapa uang kuliah s3 persemester untuk di Jerman saat itu? Sebagai bahan pembanding saja. Saya bayar tidak sampai 200 euro per semester atau 400 euro lah satu tahun. Untuk biaya hidup? Tergantung pintar-pintarnya kita berhemat dan memilih tempat tinggal. Dan satu lagi, kalau kita beruntung mendapat pembimbing yang baik dan banyak proyek serta mau melibatkan kita, kita pun kebagian proyek, itulah cara menambah penghasilan. Karena untuk mahasiswa s3, kita juga diberikan ijin bekerja seperti halnya s1 dan s2 namun lebih besar saja jumlahnya yang dibebaskan pajak. Semisal, waktu itu untuk setingkat s1 & s2 penghasilan 400 euro per bulan. Dan untuk s3 yang dibebaskan pajak 800 euro (dua kali lipat).
***
Contoh kedua, beberapa waktu lalu, saya juga sempat ngobrol-ngobrol dengan beberapa adik-adik dari Indonesia yang pada akhirnya memutuskan mengambil kuliah tingkat bachelor nya disini.
 .
“Koq mau jauh-jauh ngerantau masih baru lulus SMA?“ iseng saya nanya.
„Kalau mau masuk kedokteran UI lewat jalur khusus mesti bayar 600 juta an,“ kata seorang dari mereka. „Sementara 600 juta itu sudah bisa saya gunakan untuk beberapa tahun di sini, dengan mengambil kuliah kedokteran juga.“ Lanjutnya lagi.
Si adek yang satu nyeletuk… „Dalam hal tertentu, bisa-bisa, bentar lagi Indo saingan sama UK uang kuliahnya…!“
***
Kenapa milih kuliah di Jerman? Banyak alasannya. Seperti setiap orang yang datang ke sini juga memiliki alasan masing-masing. Semoga suatu waktu bisa saya tulis dengan baik, mewakili beberapa pemikiran.
.
Walau kuliah disini tidak sesulit yang dibayangkan, namun, juga tidak mudah.
.
Inilah salah satu yang mungkin terlewatkan dari pandangan pendidikan kita. Anak-anak banyak yang (kabur) ke luar untuk kuliah, murni karena biaya mahal. Bukankah kalo seseorang tidak sanggup berkuliah di kedokteran tidak akan memilih kedokteran? Kenapa harus bayar semahal itu walau lewat jalur khusus? Kan, ada test yang akan menyaring dengan sendirinya.
.
Bisa dipastikan, setelah lulus pun mereka tidak akan memilih berkarir di Indonesia. Pada akhirnya, terima gak terima memang.
Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Fika says:

    Liebe denina,

    Ich bin Fika. Ich Lerne Deutsch seit April 2013 im Goethe Institut.
    salam kenal, saya sangat membutuhkan kawan yg bisa berbahasa jerman untuk berlatih bahasa jerman, akan sangat senang jika Denina berkenan membantu.
    Anyway, saya suka blog Denina, saya belum memiliki blog, jadi saya ber korsponden via email untuk saat ini.

    sangat ditunggu responnya.
    Vielen Dank
    Fika

    1. Hello Fika,

      maap saya baru lihat komentarnya. Maaf ya.
      saya sudah lama tidak aktif 😦

      Terimakasih sudah menyukai blog saya,
      semoga belajar Jermannya menyenangkan ya.

      dengan senang hati 🙂

      Salam hangatku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s